Pertama Kali Terbang? Simak Tipsnya! Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat penerbangan untuk pertama kalinya (Foto: Pixabay/JESHOOTScom)

APAKAH kamu orang yang pertama kali naik pesawat? Jika iya, pasti ada beberapa pertanyaan yang muncul dalam benak. Beberapa orang akan malu bertanya karena terkesan norak. Hingga akhirnya diam adalah pilihan.

Nah dilansir dari Holiday Extras, kali ini merahputih akan sedikit memberikan beberapa tips apa saja yang harus kamu lakukan saat melakukan penerbangan untuk pertama kalinya.

Persiapkan dokumen

Persiapkan semua dokumenmu (Suber: Holiday Extras)
Persiapkan semua dokumenmu (Foto: Holiday Extras)

Satu hal yang wajib kamu persiapkan saat melakukan perjalanan adalah dokumen. Coba cek kembali dokumen yang kamu miliki seperti KTP atau pasport jika keluar negeri. Lebih baik taruh dokumen identitasmu yang mudah dijangkau.

Tiekt jangan pernah lupa selalu disatukan dengan dokumen lainnya. Namun terbang saat ini sangatlah menyenangkan. Sebab tiket sudah berbentuk e-tiket yang dikirimkan oleh maskapai penerbangan melalui email kamu. Kamu tinggal menunjukan bukti tiket tersebut ke loket sebelum penerbangan. Hal yang kamu harus ingat kamu harus melakukan check-in maksimal satu jam untuk penerbangan domestik dan dua jam untuk penerbangan luar negeri.

Kenali kopermu

Kenali baik-baik kopermu (Pixabay/katyveldhorst)
Kenali baik-baik kopermu (Foto: Pixabay/katyveldhorst)

Bahkan pelancong paling berpengalaman sekalipun terkadang bingung tentang peraturan jatah bagasi. Jadi hal yang bisa kamu pelajari pertama kali adalah perbedaan bagasi dan kabin. Semua maskapai penerbangan memiliki batasan pada ukuran tas yang dapat kamu bawa, baik untuk tas bagasi dan kabin.

Pisahkan barang yang bisa kamu bawa ke kabin dan di taruh di bagasi. Setelah turun dari pesawat tunggu barang kamu di baggage claim. Setelah itu petugas bandara akan memeriksa kembali apakah barang yang dibawa benar milik kamu atau bukan.

Rileks saat penerbangan

Rilekslah saat penerbangan (foto: pixabay/free-photos)
Rilekslah saat penerbangan (Foto: Pixabay/free-photos)

Setelah semuanya selesai, kamu tinggal menunggu instruksi untuk masuk ke dalam kabin pesawat di terminal yang telah ditentukan. Setelah ada instruksi kamu tingal berjalan ke dalam kabin. Perhatikan nomor tempat duduk kamu. Nomor itu ada di boarding pass kamu.

Duduklah dengan santai. Sebelum terbang biasanya awak kabin akan menginstruksikan prosedur keselamatan. Perhatikan dengan baik karena akan sangat bermanfaat jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Setelah itu mungkin kamu bisa beristirahat sejenak selama perjalanan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktikkan saat melakukan penerbangan untuk pertama kalinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH