Tips Liburan yang Sempurna Menurut Para Ahli Kenali tips dari para ahli agar liburan kamu sempurna (Foto: pixabay/julius_silver)

LIBURAN merupakan pengobat stres paling ampuh yang kerap dilakukan oleh banyak orang. Dari mulai liburan di dalam kota, ke luar kota, ke luar pulau, bahkan hingga ke luar negeri.

Namun, seperti yang dikutip dari laman standard.co.uk, sebuah penelitian mengungkapkan, ada strategi tertentu yang membuat liburan kamu lebih baik daripada yang lainnya, dari mulai biaya, kepuasan dan secara keseluruhan.

Baca Juga:

Tips Berkendara Aman di Jalan Tol Saat Liburan

Lakukan antisipasi agar liburan kamu berjalan dengan lancar (Foto: pixabay/pexels)

Strategi yang pertama yakni rencanakan sejauh mungkin untuk melakukan antisipasi. Seorang Ekonom bernama Dan Ariely, menunjukan bahwa ada hal yang perlu dipersiapkan, yakni antisipasi dari beberapa bulan sebelumnya.

Untuk memaksimalkan kesananganmu saat liburan, kamu harus memempersiapkan tahapan tersebut. Seperti tiket pesawat lebih murah bila dipesan jauh-jauh hari.

Jadi, sebaiknya tunda liburan apabila melakukannya dadakan atau waktu yang mepet. Karena, harga hotel, wahana dan kebutuhan di tempat liburan lainnya akan jauh lebih mahal.

Sebuah studi 2010 menemukan, bahwa mayoritas orang lebih bahagia sebelum perjalanan dibanding setelah mereka kembali. Banyak orang juga mengganggap lebih bahagia di hari Jumat dibanding hari Minggu.

Karena itu, pentingnya antisipasi beberapa hal saat kamu berlibur. Batasi diri kamu pada beberapa opsi untuk meminimalkan penyesalan.

Baca Juga:

New Normal, Liburan ke Rancaupas Tetap Seru dan Instagramable

Strategi yang kedua yakni Batasi diri kamu pada beberapa opsi, untuk meminimalkan penyesalan. Psikolog beranama Barry Schwartz telah menunjukan, bahwa ketika otak manusia menemukan terlalu banyak pilihan, dia mati. Schwartz menyebutnya 'Paradox of Choice'.

Menurut Schwartz, beberapa pilihan lebih baik dibanding tidak sama sekali. Tetapi, bukan berarti bahwa lebih banyak selalu lebih baik daripada lebih sedikit.

Sebaiknya, sebelum melakukan liburan, persempit pilihan kamu menjadi hanya dua opsi. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih baik.

Ambilah liburan satu minggu (Foto: pixabay/pexels)

Strategi yang ketiga, ambilah liburan satu minggu. Menurut Ekonom Daniel Kahneman, kita terdiri dari dua diri, diri kita yang mengalami dan diri kita yang mengingat. Diri yang mengalami hidup pada saat ini, sementara diri yang mengingat hidup di masa lalu.

Diri kita yang mengingat, mengalami kesulitan membedakan liburan satu minggu dan liburan dua minggu. Kahneman memiliki pandangan, dari perspektif diri yang mengingat, liburan pendek dan panjang secara efektif sama.

Strategi keempat, beri kamu waktu untuk menenangkan diri secara mental ke mode liburan. Seorang profesor dari Loyola University of Chicago bernama Al Gini, menyarankan sebaiknya mengambil beberapa hari untuk bersantai sebelum liburan benar-benar dimulai.

Kamu bisa menggunakan waktu untuk berkemas, dan menyelesaikan tugas. Sehingga kamu benar-benar siap untuk menyelesaikan perjalananmu.

Semakin sedikit kamu terburu-buru, maka semakin mudah kamu memulai liburan dengan langkah yang tepat. Habiskan uang untuk pengalaman, bukan barang, hal itu untuk memaksimalkan kebahagiaan.

Liburan kamu berada di jalur yang benar ketika memaksimalkan kebahagiaan, dengan menghabiskan uang untuk pengalaman tak terlupakan. Dibanding kamu membeli gadget baru.

Karena itu, sebaiknya kamu bisa bijaksana dalam melakukan perjalanan liburan. Minimalkan anggaran yang kamu tetapkan untuk secangkir kopi dan hoodie, kemudian habiskanlah waktu sebanyak mungkin untuk membangun kenangan yang akan disukai oleh diri kamu yang mengingat.

Bicarakan liburanmu untuk membuat kenanganmu permanen (Foto: pixabay/stocksnap)

Strategi yang kelima, ketika kamu di rumah, bicarakan liburan kamu untuk membuat kenangan kamu permanen. Contoh, bila saat liburan arung jeram kamu sangat bersemangat, beri tahu semua teman kamu tentang hal itu sambil minum kopi setelah kamu pulang berlibur.

Penelitian tentang kebahagiaan menunjukan, bahwa orang yang dapat mempertahankan perasaan mereka tentang suatu pengalaman yang membicarakannya.

Sebuah studi tahun 2015 bahkan menemukan orang yang melaporkan liburannya, tingkat kebahagiannya lebih besar daripada membeli sebuah barang.

Itu adalah cara yang pasti untuk menjaga kegembiraan liburan tetap hidup, bahkan pada bulan-bulan setelah kamu berlibur. (Ryn)

Baca juga:

Wisata Antariksa Seharga Rp1,7 miliar, Berani Coba?

Perubahan Tren Liburan Pascapandemi
Fun
Perubahan Tren Liburan Pascapandemi
Fun
Perubahan Tren Liburan Pascapandemi
Fun
Perubahan Tren Liburan Pascapandemi
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kenapa Menggoreng dengan Minyak Bekas Lebih Enak?
Fun
Kenapa Menggoreng dengan Minyak Bekas Lebih Enak?

Disarankan untuk menggunakan minyak goreng baru.

Tips Mencegah dan Merawat Kulit Wajah yang 'Break Out' Ketika Traveling
Fun
'Sweet Home 2' Dikabarkan Telah Masuk Tahap Produksi
ShowBiz
'Sweet Home 2' Dikabarkan Telah Masuk Tahap Produksi

Memunculkan spekulasi bahwa musim kedua dari drama dengan genre thriller ini akan dirilis pada 2022.

Trailer Terbaru 'Spider-Man: No Way Home', Menampilkan 5 Musuh
ShowBiz
Trailer Terbaru 'Spider-Man: No Way Home', Menampilkan 5 Musuh

Selain 5 musuhnya, konon ada scene dua Spider-Man lainnya.

Kuliner Jadi Penyumbang Terbesar PDB Ekonomi Kreatif
Kuliner
Kuliner Jadi Penyumbang Terbesar PDB Ekonomi Kreatif

Banyak yang membuka usaha kuliner di masa pandemi.

Mengenal Era Awal Munculnya K-Pop
ShowBiz
Mengenal Era Awal Munculnya K-Pop

Berikut beberapa musisi ikonik yang dikenal pada zamannya menurut All Kpop:

Mantan Staf Ungkap Kelakuan Minus Seo Ye-ji
ShowBiz
Mantan Staf Ungkap Kelakuan Minus Seo Ye-ji

Seo Ye-ji menjadi pusat dari banyak tuduhan.

Fitur Terbaru Platform Komunikasi untuk Memudahkan Pengguna
Fun
Fitur Terbaru Platform Komunikasi untuk Memudahkan Pengguna

Fitur terbaru untuk memudahkan pengguna.

Tips Mudah Atasi Kaca Mobil Berembun saat Hujan
Hiburan & Gaya Hidup
Tips Mudah Atasi Kaca Mobil Berembun saat Hujan

Kaca mobil yang berembun di saat hujan disebabkan berbagai macam hal.

Manfaatkan Fitur Instagram Locations untuk Review Jujur
Fun
Manfaatkan Fitur Instagram Locations untuk Review Jujur

Karena unggahan influencers bisa saja menyesatkan.