Tips Liburan 'Low Budget' ala Mahasiswa, Tetap Bisa Senang-Senang! Liburan murah meriah ala mahasiswa (Foto: Pixabay/veerasantinithi)

SEDANG penat dengan perkuliahanmu? Atau kamu lagi ingin sekedar liburan bersama teman-teman? Tanpa disadari, liburan adalah salah satu kebutuhan mahasiswa untuk melepas penatnya pekerjaan kampus yang (katanya) berat. Namun karena masih mahasiswa tentu budget yang dimiliki terbatas dan banyak pertimbangan yang dipikirkan ketika hendak berangkat liburan.

Baca juga:

Hemat Anggaran, Liburan Murah Meriah di Tokyo Jepang

Untuk itu, mahasiswa harus mengerti cara liburan murah agar budget tidak lagi jadi kendala dalam merencanakan liburan, yuk simak tipsnya!

1. Update promo

Tips Liburan 'Low Budget' ala Mahasiswa, Tetap Bisa Senang-Senang!
Diskon dan promo bisa memangkas anggaran (Foto: Pixabay/stepinie23)

Biasanya akan ada banyak promo dari biro perjalanan atau dari maskapai penerbangan, oleh karena itu mahasiswa harus sering cek dan mengerti tentang promo yang akan diberikan. Hal terpenting saat memantau promo ialah, mengecek moda transportasi dan penginapan.

2. Pilih destinasi yang murah

Tips Liburan 'Low Budget' ala Mahasiswa, Tetap Bisa Senang-Senang!
Carilah destinasi yang tergolong murah (Foto: pixabay/theandrasbarta)

Apabila sudah mengetahui budget yang dimiliki terbatas, janganlah memaksakan diri untuk berlibur ke destinasi yang membutuhkan banyak uang. Carilah destinasi yang murah dan terjangkau karena yang terpenting dari berlibur bersama teman adalah kebersamaannya.

Baca juga:

Cara Hemat saat Liburan ke Luar Negeri

3. Memilih waktu liburan

Tips Liburan 'Low Budget' ala Mahasiswa, Tetap Bisa Senang-Senang!
Rencanakan liburan saat low season (Foto: pixabay/basti93)

Pilihlah waktu liburan saat low season karena harga-harga tentu akan lebih murah, jangan rencanakan bepergian saat sedang high season seperti hari natal atau lebaran dan hari libur besar lainnya karena harga tentu akan naik pada tanggal-tanggal seperti itu.

4. Memanfaatkan status mahasiswa

Tips Liburan 'Low Budget' ala Mahasiswa, Tetap Bisa Senang-Senang!
Bawalah kartu mahasiswa agar dapat harga spesial (Foto: Pixabay/janjf93)

Banyak pilihan destinasi wisata memberikan harga yang berbeda pada mahasiswa atau pelajar, sehingga bawalah kartu mahasiswamu untuk menikmati promo-promo tersebut.

5. Liburan ramai-ramai

Tips Liburan 'Low Budget' ala Mahasiswa, Tetap Bisa Senang-Senang!
Berliburlah bersama teman-teman (Foto: pixabay/stocksnap)

Ketika berlibur dengan banyak teman atau berkelompok, harga yang dikeluarkan untuk penginapan dan transportasi. Biaya penginapan yang dibagi rata tentu akan jauh lebih murah dibandingkan dengan berlibur sendiri atau berdua.

Baca juga:

Cara Cerdik di Berbagai Destinasi Wisata Tanpa Mengeluarkan Anggaran Ekstra

Itulah tips yang bermanfaat dapat digunakan apabila ingin berlibur dengan low budget tapi tetap ingin bersenang-senang. (Lio)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH