Tips Liburan Asyik dengan Biaya yang Minim

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Minggu, 01 Maret 2015
Tips Liburan Asyik dengan Biaya yang Minim
(foto: istimewa)

MerahPutih Keluarga – Akhir pekan menjadi waktu yang pas bagi siapapun untuk liburan, terutama bagi sebuah keluarga. Setelah menjalani rutinitas yang padat, berlibur adalah cara yang tepat untuk menghilangkan penat.

Mungkin sebagian besar orang membayangkan bahwa berlibur sudah pasti membutuhkan budget yang tidak sedikit. Faktanya, banyak keluarga yang jarang berlibur karena faktor ekonomi mengharuskan sebuah keluarga menunda bahkan meniadakan acara berlibur bersama. Berikut tips liburan dengan budget minim yang dapat Anda coba saat ingin berlibur. (Baca: Liburan, Kenaikan Penumpang Pesawat Capai 10 Persen)

1. Tentukan tempat wisata dari jauh-jauh hari.
Siapkanlah rencana liburan Anda jauh-jauh hari sebelum hari H agar dapat menekan budget sedikit lebih hemat. Disamping itu, Anda juga dapat menyiapkan dana lebih. Maka perencanaan waktu harus diperhitungkan jika kita mengajak keluarga berlibur.

2. Ambil waktu berlibur diluar waktu libur
liburan juga dapat dilakukan di luar waktu libur. Liburan di luar waktu libur bisa menjadi alternatif. Memang agak sulit, apalagi jika anggota keluarga ada yang bekerja dan sekolah. Liburan di luar waktu libur harus dikompakkan dengan waktu anggota keluarga lainnya. Untuk berlibur di luar waktu libur butuh penyesuaian dengan kondisi keluarga, jika tidak bisa sebaiknya jangan dipaksakan.

3. Transportasi
Berlibur memang tak lepas dari alat transportasi. Pemilihan trnasportasi yang tepat dapat memperkecil pengeluaran Anda. Pilihlah transportasi yang biasa saja, tak perlu mewah, namun dapat mengantarkan Anda sampai tempat tujuan wisata. (Baca: Kenapa Para Keluarga Memilih Agen Travel Untuk Liburan?)

4. Pilih tempat wisata terdekat
berlibur tak mesti ke tempat yang jauh dan melelakan. Berlibur bisa saja dilakukan ke tempat-tempat terdekat yang unik. Hal ini dapat menekan biaya ongkos perjalanan menuju tempat wisata.

5. Memanfaatkan paket wisata
salah satu trik untuk menghemat biaya adalah memanfaatkan paket wisata. Dengan anda memanfaatkan ini, maka anda bisa mengehemat biaya perjalanan, penginapan dan obyek atau tempat wisata yang Anda inginkan.

6. Membawa bekal
Saat berlibur Anda pasti tetap harus mengisi perut untuk tenaga. Biasanya orang-orang mengandalkan tempat makan yang ada ditempat wisata. Namun hal itu dapat membuat bengkak pengeluaran. Nah, cara untuk berlibur dengan biaya yang minim adalah membawa makanan dari rumah. Selain hemat, membawa makanan dari rumah terjamin kebersihannya.

#Liburan Minim Biaya #Liburan Keluarga #Tips Liburan
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan