Melancong Tanpa Lewatkan Salat 5 Waktu, Begini Solusinya Ilustrasi. (Pixabay/@Stevebidmead)

SALAT lima waktu merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim. Karena hukumnya wajib, salat tidak boleh dilewatkan. Sayang, padatnya jadwal melancong mungkin kerap membuat kamu absen.

Sebenarnya, kamu bisa tetap salat selama pelesir. Kuncinya adalah pintar membagi waktu. Berikut tips dari Merahputih.com agar kamu tidak meninggalkan salat saat melancong.

Salat Subuh di penginapan

Ilustrasi (Instagram/muamargadaffiabdulhadi)
Ilustrasi. (Instagram/@muamargadaffiabdulhadi)

Kamu bisa salat Subuh di penginapan. Jika memungkinkan, cari masjid atau musala terdekat. Karena salat jamaah lebih baik dibandingkan melaksanakannya sendiri.

Setelah salat, kamu bisa bersiap-siap melakukan perjalanan. Dengan cara ini, agenda traveling kamu dalam.sehari bisa tersusun rapi.

Salat Dzuhur di tempat wisata

Ilustrasi (Instagram/miftaculeke)
Ilustrasi. (Instagram/@miftaculeke)

Setelah setengah hari berjalan-jalan, kamu bisa salat di lokasi wisata. Kamu dapat salat di manapun apabila objek wisata yang dikunjungi tidak menyediakan musala.

Salat di pinggir taman juga bisa jadi solusi apabila ingin mencari tempat sepi.

Cari masjid untuk salat Ashar dan Maghrib

Ilustrasi (Pixabay/Xegxef)
Ilustrasi. (Pixabay/@Xegxef)

Usai jalan-jalan di destinasi wisata, alangkah lebih baiknya kamu mencari masjid. Di sana kamu bisa melaksanakan salat Ashar dan Maghrib karena waktunya cukup dekat, hanya sekitar 2 jam.

Di antara waktu Ashar dan Maghrib kamu cobalah mengisinya dengan membaca Al-Quran. Kamu juga dapat mencari masjid-masjid bersejarah untuk dikujungi.

Salat Isya sebelum tidur

Ilustrasi (Pixabay/Rudolf_langers)
Ilustrasi. (Pixabay/@Rudolf_langers)

Dibandingkan salat wajib lainnya, Isya memiliki waktu yang cukup panjang. Namun karena sudah kelelahan karena aktivitas seharian, salat ini kerap ditinggalkan. Jadi sebaiknya sebelum tidur kamu salat Isya dulu.

Sahabat Merah Putih, begitulah tips dari Merahputih.com agar jadwal pelesir kamu tak mengganggu waktu salat. Kamu juga bisa membagikan info ini kepada teman atau kerabat terdekat.

Selain artikel ini kamu dapat membaca Tempat Wisata yang Cocok untuk Dikunjungi Saat Bulan Puasa.

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH