Tips Kritik Pasangan Tanpa Membuatnya Sakit Hati Butuh kesabaran saat pasanganmu dalam masalah (Foto: Pixabay/Free-photos)

DALAM suatu hubungan, masalah sudah menjadi hal wajar. Masalah tersebut nantinya akan menjadi sebuah pelajaran untuk ke depannya sehingga hubungan bisa menjadi lebih baik lagi. Kamu perlu memberitahunya apa yang menjadi kekurangan agar dia bisa menjadi semakin bijak. Namun seringkali, kita takut untuk memberitahu hal tersebut kepada pasangan kita. Ketakutan itu justru akan menimbulkan masalah baru dan bahkan berdampak buruk pada hubungan.

Umumnya kritik memang dibutuhkan setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Jika cara menyampaikan kritik kurang tepat, maka niat kamu untuk mengubahnya kemungkinan tidak berhasil. Bukan menjadi alasan untuk tidak mengkritiknya karena takut akan memperburuk hubungan.

Baca juga:

Jangan Diam Ketika Ada Masalah dalam Hubungan, Ini Dampak Berbahayanya

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memberi kritik pada pasangan, tanpa membuat pasangan sakit hati dan tersinggung. Yuk simak!

1. Berdiskusi

Tips Kritik Pasangan Tanpa Membuatnya Sakit Hati
Coba berdiskusi, bukan menceramahi. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Ketika pasanganmu sedang dalam masalah, alangkah baiknya kamu mengajaknya berdiskusi di suatu tempat yang mendukung dan nyaman. Ingat, berdiskusi bukan menceramahi. Banyak orang yang justru menyalahkan atau menyudutkan kita ketika dalam suatu masalah.

Cara ini justru akan memancing emosinya hingga tak ujung selesai. Berikan dia kesempatan untuk menjelaskan semuanya tanpa kamu harus memotong pembicaraan. Kamu juga harus jaga nada bicara agar tidak salah tangkap ketika sedang berdiskusi.

2. Memilih waktu yang tepat

Tips Kritik Pasangan Tanpa Membuatnya Sakit Hati
Jangan memberikan kritik ketika dia sedang dalam kondisi lelah. (Foto: Pixabay/enginakyurt)

Sebelum kamu ingin berdiskusi, carilah momen dan waktu yang tepat untuk memulai berdiskusi. Pastikan keadaanya sudah stabil dan tidak dalam kondisi lelah. Seperti baru pulang dari kantor, selesai berolahraga, dan aktivitas lainnya.

Kondisi seperti ini justru akan membuat rumit keadaan dan akhirnya tidak menjadi efektif. Buat pikirannya sudah tenang terlebih dahulu agar bisa mencerna percakapan.

Baca juga:

Hubungan dengan si Dia Bisa Rusak karena Media Sosial

3. Menerima kekurangan

Tips Kritik Pasangan Tanpa Membuatnya Sakit Hati
Kamu harus menerima kekurangan pasanganmu. (Foto: Pixabay/pasja1000)

Tidak ada manusia yang sempurna. Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali pasanganmu. Sebelum kamu memiliki hubungan secara resmi, pastikan kamu mengetahui apa kekurangan dalam dirinya.

Memang terdengar sulit untuk menerimanya, tapi itu harus. Berikan solusi terbaik dan terlibatlah dalam solusi yang kamu berikan. Bantu pasanganmu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

4. Perhatikan reaksi yang diberikan

Tips Kritik Pasangan Tanpa Membuatnya Sakit Hati
Perhatikan reaksi wajahnya ketika kamu sedang memberikan kritik. (Foto: Pixabay/free-photos)

Setelah bercerita tentang masalah yang dialami, kini giliranmu untuk memberinya kritik yang baik. Perhatikan ekspresi wajah yang diberikan ketika kamu sedang memberi kritik.

Jika terlihat emosi, sebaiknya jangan melanjutkan apa yang ingin kamu katakana selanjutnya. Ini akan membuat kalian akan bertengkar. Jika ia masih tenang, kamu boleh melanjutkan kritikan dan berikan pelukan hangat setelahnya.

5. Hargai usahanya

Tips Kritik Pasangan Tanpa Membuatnya Sakit Hati
Hargai usaha yang sudah dilakukan untuk menjadi lebih baik. (Foto: Pixabay/Stocksnap)

Sebelum memulai mengkritik, coba lihat kembali usaha apa saja yang sudah ia lakukan untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Katakan apa saja yang dapat membuat pasanganmu menjadi lebih percaya diri, memberikan semangat, dan hal lain yang justru membuat dirinya tidak down. Utarakan kritikan yang membuatnya sadar, bukan justru menggurui atau menjatuhkannya.

Jangan khawatir dan jangan cepat menyerah. Ketika pasanganmu dalam masalah, anggap saja kamu sedang dalam sebuah ujian.

Kamu dilatih untuk menghadapi situasi yang tidak biasa. Kesetiaanmu juga dilatih ketika pasanganmu sedang terpuruk dalam suatu masalah yang menimpanya. Tetaplah berusaha dan sabar. (and)

Baca juga:

Jika 4 Hal ini Terjadi, Kemungkinan Hubungan Kamu dan Pasangan akan Langgeng



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH