Hindari Belanja untuk Hal-hal Berikut Ini Ilustrasi. (Pexels)

Pengelolaan uang merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup kamu. Mengatur pengeluaran dengan bijaksana bisa membuat hidup kamu lebih teratur.

Celakanya kehidupan di kota cenderung membuat seseorang hidup konsumtif. Padahal tidak harus seperti itu juga. Berhemat sepertinya hanya menjadi wacana saja. Hal-hal kecil yang dilakukan setiap hari tidak terasa berubah menjadi beban.

Hitung saja berapa kali kamu mampir ke kedai kopi langganan? Alasannya belum ngopi di rumah. Begitu juga dengan minuman kemasan yang dibeli digerai swalayan. Tidak terasa memang jumlahnya. Namun kalau dilakukan setiap hari, bisa kebobolan dompet kamu.

Apa saja yang menyedot uang kamu setiap harinya, cek daftar berikut seperti dilansir iStyle.id;

1. Air Minum Kemasan

Air mineral. (Pixabay)
Air minum kemasan paling banyak menyedot pengeluaran kamu. (Foto: Pixabay)

Selain boros, membeli air minum dalam botol kemasan juga berkontribusi dalam banyaknya sampah plastik. Ganti air minum kemasan dengan membawa tumbler setiap saat.

2. Barang-Barang Branded

brand
Membeli barang branded boleh saja asal diperhatikan kebutuhannya. (Foto: Pixabay/Couleur)

Membeli barang-barang branded memang sudah jadi kebutuhan millennial kekinian. Tapi nggak harus semuanya berlabel mahal kan? Pilih kebutuhan tertentu yang long lasting untuk barang branded. Kalau sifatnya short term, lebih baik pakai merk biasa saja.

3. Coffee Shop

Ilustrasi. (Pixabay)
Ngopi boleh saja, tapi bawa saja sendiri. (Foto: Pixabay)

Minum kopi di gerai favorit setiap pagi sepertinya jadi mood booster para kaum millennial. Tapi lama-lama tekor juga kan? Lebih baik, ritual ini diganti dengan sesuatu yang lebih murah seperti bikin kopi sendiri.

4. Makan di Luar

restoran
Makan di resto sebaiknya tidak kerap. (Foto: Pixabay/Lisy_)

Daripada makan di luar terus setiap pulang kantor, yuk gunakan waktu buat masak. Selain hemat, kamu juga bisa lebih sehat dengan memasak makanan sendiri. Untuk makan di luar, sesekali boleh sih saat weekend tapi tetap kontrol ya.

5. Langganan Apps Berbayar

aplikasi
Pakailah aplikasi sesuai kebutuhan. (Foto: fpf)

Karena tergoda promo, terkadang kamu enggak pikir panjang untuk langganan sebuah apps. Padahal sebenarnya kamu jarang sekali menggunakannya. Walaupun terkesan murah, kamu nggak sadar kalau sudah langganan beberapa apps berbayar. Wah bahaya. (zul)

Baca juga tips-tips lain dalam artikel: Tips Agar Tak Cepat Lapar dan Haus saat Puasa

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH