Tips Kebebasan Finansial Bagi Perempuan Modern Kondisi finansial yang baik dan mampu menjamin diri sendiri hingga masa tua. (Foto: pixabay/umitsolmaz)

SAAT INI meraih pencapaian hampir berbanding lurus dengan penghargaan. Apabila tidak dari orang lain, kerap kali kita memaksakan untuk memberikannya kepada diri sendiri.

Hal tersebut biasanya terjadi pada perempuan mandiri yang telah memiliki pencapaian tertentu pada karier dan profesinya. Tapi, apabila tidak hati-hati hal tersebut justru akan mengakibatkan pemborosan dan cita-cita meraih kebebasan finansial hanya menjadi sebuah impian.

Apresiasi pada diri tentunya baik dan disarankan untuk memberi rasa damai pada hati, hingga membangun kondisi mental yang positif. Tapi, sebaiknya melakukan sejumlah persiapan tertentu, karena kamu tidak hidup untuk hari ini saja. terlebih bagi perempuan yang bercita-cita menjadi ibu rumah tangga atau profesional sukses.

Baca juga:

Kominfo Hadirkan Pelatihan Bidang Teknologi Finansial untuk Pelaku Usaha

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan perempuan modern yang ingin mewujudkan cita-cita kebebasan finansial (Foto: pixabay/outsideclick)

Semuanya berujung pada kondisi finansial yang baik dan mampu menjamin diri sendiri hingga masa tua. Karena itu, kamu perlu mengetahui beberapa tips penting untuk perempuan modern yang ingin mewujudkan cita-cita kebebasan finansial.

Seperti yang dikutip dari siaran resmi FWD Insurance, tips pertama yaitu sisihkan pendapatan. Kebanyakan orang menabung dari sisa pendapatan setelah dipakai untuk biaya hidup. Hal itu yang membuat banyak orang kesulitan untuk dapat menabung dengan konsisten. Karena, kerap kali tidak terdapat sisa dari pendapatan yang dihasilkan.

Karena itu, perempuan modern bisa menghindari kebiasaan itu dengan melakukan penyisihan pendapatan di awal. Kemudian, kamu bisa membuat target besaran uang yang wajib disimpankan dari penghasilan rutinmu dan pisahkan dari besaran yang perlu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Agar kamu lebih mudah, sebaiknya kamu memiliki dua rekening tabungan yang berbeda. Satu rekening untuk menerima pendapatan dan untuk transaksi pengeluaran, sementara satu rekening lainnya khusus untuk menabung atau investasi.

Paling tidak kamu bisa menyisihkan minimal 10 persen setiap bulan. Apabila kamu bisa melakukan itu secara rutin, kemungkinan besar kamu sudah selangkah menuju kebebasan finansial.

Baca juga:

Tips Sukses Bisnis Kuliner Menurut Sejumlah Pakar

Tips kedua yaitu susun anggaran dan prioritas pengeluaran setiap bulannya. Hal itu sangat penting untuk memastikan pengeluaran setiap bulan, karena tidak lebih besar dari sisa pendapatan.

Kerap kali hal itu terjadi saat sudah berhasil menyisihkan pendapatan, tapi jumlah tabungan yang dimiliki tidak pernah bertambah. Karena, akhirnya akan terpakai juga untuk pengeluaran bulanan.

Alokasikan pendapatan untuk merawat diri serta penampilan, dengan cara menganggarkan sekitar 5-10 persen, pastikan pengeluaran itu sesuai dengan anggaran yang sudah kamu buat.

Pencatatan keuangan sangat penting untuk kebebasan finansial. (Foto: pixabay/maklay62)

Tips ketiga ialah catat keuangan. Guna memastikan pengeluaran setiap bulan sudah sesuai dengan anggaran yang dibuat, sebaiknya kamu melakukan pencatatan keuangan setiap hari. Hal itu untuk mengontrol pengeluaran yang dilakukan sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat.

Tips keempat yakni perkuat pondasi keuangan. Pondasi keuangan bisa kamu bangun dengan kuat dimulai dengan menyediakan dana darurat serta proteksi, seperti halnya memiliki asuransi kesehatan.

Sisishkan 15-20 persen dari pendapatan setiap bulannya, untuk dana darurat dalam bentuk asuransi kesehatan dan proteksi jiwa. Jangan pernah kamu bersandar hanya pada satu pondasi, seperti asuransi perusahaan saja. Tapi, kamu juga bisa memiliki satu asuransi pribadi. Dengan begitu kebebasan finansial kamu bisa segera tercapai. (Ryn)

Baca juga:

Penting, Perempuan Mandiri Finansial sejak Dini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mufasa: The Lion King Kisahkan Perjalanan Ayah Simba dan Scar
Fun
Mufasa: The Lion King Kisahkan Perjalanan Ayah Simba dan Scar

Mengenal lebih jauh asal usul Mufasa dan Scar.

Drama Korea untuk Meningkatkan Mood di Awal Tahun
ShowBiz
Drama Korea untuk Meningkatkan Mood di Awal Tahun

Rekomendasi drakor 2021 untuk tahun 2022.

Twitter Siap Tuntut Elon Musk
Fun
Twitter Siap Tuntut Elon Musk

Twitter tuntut Elon Musk untuk menyelesaikan akuisisi.

Bar Terbaik di Dunia 2021 Ada di London
Travel
Bar Terbaik di Dunia 2021 Ada di London

London memegang dua tempat teratas.

Ayah, Jangan Lupa Dudukan Anak pada Car Seat
Fun
Ayah, Jangan Lupa Dudukan Anak pada Car Seat

Car seat atau kursi keselamatan anak adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi anak-anak saat mereka berada di dalam mobil.

Farel Prayoga, Penyanyi Cilik yang Meriahkan Upacara Kemerdekaan RI
Fun
Farel Prayoga, Penyanyi Cilik yang Meriahkan Upacara Kemerdekaan RI

Farel membuat para hadirin yang hadir di Upacara Kemerdekaan RI berjoget bersama.

Perusahaan Rekaman Gandeng Kreator Film Lokal Berkarya di Platform OTT
Fun
Perusahaan Rekaman Gandeng Kreator Film Lokal Berkarya di Platform OTT

Para kreator film lokal bisa berkarya di platform OTT.

Drakor Favoritmu Berakhir? Move-on Yuk dengan Drama Korea yang akan Tayang
ShowBiz
Fitur Mobil Jerman Ini Dikenai Biaya Berlangganan
Fun
Fitur Mobil Jerman Ini Dikenai Biaya Berlangganan

Harganya mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Livery 125 Tahun Mercedes di Dunia Balap
Fun
Livery 125 Tahun Mercedes di Dunia Balap

W10 menampilkan livery khusus di GP Jerman sebagai penghormatan pada desain klasik mobil balap Mercedes Benz di masa lalu.