Tips Jitu Agar Tubuh Tetap Fit Seusai Begadang Usai begadang, lakukan cara ini agar tubuh kamu tetap fit dalam menjalani aktivitas (Foto: pixabay/tookapic)

PEKERJAAN yang menumpuk terkadang memaksa kamu harus begadang. Padahal, di pagi harinya kamu harus menjalani aktivitas seperti biasanya.

Lalu, pada pagi harinya, kamu mungkin akan diserang rasa kantuk yang luar biasa. Tak hanya itu, daya konsentrasi kamu pun bisa menurun lantaran otak dan tubuh tak mendapat waktu istirahat yang cukup.

Namun kamu tak perlu khawatir, karena kamu masih bisa menjalani berbagai kegiatan dengan tubuh fit, meski tak mendapat waktu tidur cukup di malam harinya.

Menurut beberapa penelitian, kinerja tubuh orang yang begadang semalaman kemungkinan sama dengan seseorang yang sedang mabuk.

Nah jika kamu tak punya pilihan lain selain bagadan, namun ingin tetap fit di pagi hari dalam beraktivitas, yuk simak beberapa tips jitu di bawah ini seperti yang dilansir dari laman Alodokter.

1. Mandi Air Dingin

Suhu dingin bisa membuat rasa kantukmu berkurang (Foto: pixabay/tookapic)

Udara hangat membuat lebih nyaman untuk tidur, hal itu dapat berisiko menyebabkan kantuk. Nah untuk menghalaunya, mandilah dengan air dingin atau mencuci muka dengan air dingin untuk mengusir kantuk.

Karena suhu dingin bisa merangsang aktivitas saraf di tubuh kamu. Hal itu bisa menyebabkan rasa kantukmu berkurang.


2. Konsumsi Kafein

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein bisa membuat kamu tetap terjaga dan membuat tubuh kamu lebih fit usai begadang (Foto: pixabay/freephotocc)

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, dapat membuat tubuh kamu lebih fit. Karena minuman ini dapat membuat kamu terjaga selama 3-4 jam. Agar tubuh tetap siaga sepanjang hari, kamu bisa mengonsumsinya setiap beberapa jam.

Tapi, sesuaikanlah dengan dosis harian yang dapat diterima oleh tubuh kamu. Batas asupan kafein yang dianggap wajar, yaitu sekitar 100-200mg setiap harinya, atau setara dengan 1-2 cangkir kopi per hari.


3. Sisihkan Waktu Kamu Untuk Tidur Siang

Sisihkan waktu istirahat untuk tidur siang (Foto: pixabay/xiangying_xu)

Usai mengonsumsi kafein, disarankan kamu berbaring dan memejamkan mata sejenak. Kamu bisa tidur siang di jam istirahat selama 10-30 menit. Setelah itu, kamu akan terbangun dengan tubuh yang segar, meski kamu begadang pada malam sebelumnya.

Jika kamu menyisihkan waktu sekitar 40 menit untuk tidur siang, kemungkinan kamu terbangun dengan kondisi kepala yang pening, tapi setelah rasa pening itu hilang, manfaat tidur siang dapat kamu rasakan.

4. Terangi Ruangan Kamu

Buatlah ruangan kerja kamu selalu terang (Foto: pixabay/erikawittlieb)

Ketika lelah, biasanya seseorang lebih memilih memadamkan lampu agar dapat beristirahat dengan nyenyak.

Nah untuk menghindari efek ingin tidur setelah begadang, disarankan selalu berada di ruangan yang terang.

5. Jangan Diam Saja

Buatlah tubuh kamu terus bergerak untuk mencegah kantuk (Foto: pixabay/free-photos)

Ketika tengah berada di kantor, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti halnya naik turun-tangga, jalan cepat, lari ditempat atau senam ringan yang membuat tubuh kamu bergerak.

Aktivitas tersebut dapat meningkatkan kinerja otak. Selain itu terlibat didalam sebuah percakapan pun dapat membuat kamu tetap terjaga.

Baca juga: Kenali Dampak Buruk Penggunaan Ponsel Sebelum Tidur

Nah itu dia guys beberapa tips tubuh tetap fit usai begadang, semoga bermanfat yah hehehehe. (ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH