Tips Jitu Menghindari Penipuan Online

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 23 Juni 2022
Tips Jitu Menghindari Penipuan Online
Kenali cara menghindari penipuan online (Foto: pixabay/b_a)

PADA masa pandemi masyarakat menjadi semakin sering melakukan aktivitas di internet. Dari mulai urusan pendidikan, bisnis, hiburan, berbelanja dan urusan perbankan.

Namun, di tengah kemudahan perkembangan teknologi yang kian canggih, ada risiko mengancam, yakni penipuan online.

Baca Juga:

Waspada, Ini Deretan Modus Penipuan Online yang Sering Terjadi

Guna menghindari penipuan online, penyedia sistem pembayaran Xendit memberikan sejumlah tips jitu. Seperti yang dikutip dari laman Antara, tips yang pertama ialah teliti sebelum mengklik sebuah tautan.

Ada beberapa cara untuk menghindari penipuan online (Foto: pixabay/tumisu)

Penipu kerap kali memberi pesan yang memancing rasa penasaran atau membuat kesan mendesak. Hal itu agar korban tidak sempat meneliti isi pesan. Akibatnya, korban kerap kali langsung mengklik tautan tanpa berpikir panjang. Agar tidak tertipu, sebaiknya hanya mengklik tautan dari sumber resmi, seperti nomor telepon dan email resmi.

Kemudian, tips yang kedua yaitu jangan bagikan PIN. Perlu diingat, jangan pernah memberikan informasi penting seperti detail akun, nomor pin, kata sandi atau password kepada siapa pun. Perusahaan resmi tidak akan pernah meminta informasi itu kepada penggunanya. Apabila kamu mendapat SMS menjadi pemenang lomba, pastikan menghubungi pusat bantuan atau media sosial resmi lembaga tersebut.

Baca Juga:

Awas! File WhatsApp Bisa Dimanipulasi untuk Penipuan, Kenali Cara Mencegahnya

Waspadai nomor atau email yang tidak kamu kenal (Foto: pixabay/vickygrahat)

Tips yang ketiga, bayar dengan metode aman. Saat bertransaksi secara daring dalam jaringan khususnya lewat website, pastikan situs itu aman yakni menggunakan protokol https. Biasanya situs dengan protokol tersebut ditandai dengan gembok. Apabila kamu ingin mentransfer uang lewat internet banking, cek kembali nama rekening tujuan apakah benar atau tidak.

Tips yang keempat, waspadai nomor yang tidak kamu kenal. Jangan membalas SMS atau email dari nomor tidak kamu kenal, khususnya bila pesan tersebut mencurigakan. Sebaiknya abaikan pesan tersebut, blokir atau laporkan. Biasanya, pada aplikasi seperti WhatsApp, kamu bisa menggunakan laporan untuk mematikan akun tertentu. (ryn)

Baca Juga:

Apple Sukses Cegah Penipuan Senilai Rp21,3 triliun

#Teknologi #Penipuan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan