Tips Jitu Beli Oleh-Oleh Mudik dengan Harga Bersahabat Banyak cara membeli oleh-oleh dengan harga bersahabat (Foto: Instagram/@oleholehkhascirebon)

BELUM lengkap kembali dari mudik tanpa membawa oleh-oleh. Beli oleh-oleh memang sudah menjadi tradisi. Untuk teman kantor, tetangga, keluarga, atau teman. Namun, selama mudik pengeluaran kamu pasti sudah bengkak. Sehingga budget untuk beli oleh-oleh agak terbatas.

Jangan khawatir, kamu tetap bisa beli oleh-oleh dengan harga bersahabat. Sehingga kamu dapat membeli banyak oleh-oleh untuk diberikan ke banyak orang. Begini tips jitu supaya kamu bisa beli oleh-oleh dengan harga bersahabat.

1. Beli borongan

Pedagang bisa memberikan potongan harga mencapai 50% (Foto: Instagram/@pempek_tenny)

Daripada beli secara eceran, kamu bisa membeli oleh-oleh secara borongan. Semakin banyak yang kamu beli pedagang bakal memberikan potongan harga. Enggak tanggung-tanggung lho. Potongan harganya bisa mencapai 25-50%.

2. Pakai bahasa daerah

Pedagang merasa akrab dengan kamu (Foto: Pexels/Gratisography)

Beruntung kalau kamu orang asli daerah tempat kamu beli oleh-oleh. Biasanya pedagang akan merasa akrab denganmu dan memberikan harga bersahabat nantinya. Jadi coba deh belajar bahasa daerah dulu sebelum kamu beli oleh-oleh mudik.

3. Jangan segan menawar

Jangan kelewatan juga saat menawar (Foto: Instagram/fyjoy_shop)

Jangan takut tawar menawar harga. Namanya membeli barang kamu pasti ingin harga yang cocok. Apalagi kalau tempat oleh-olehnya berupa toko grosiran atau pasar. Tapi jangan kelewatan juga menawar harganya ya. Pedagang kan juga cari untung.

4. Jalan kaki jangan pakai mobil

Ada pedagang yang mematok harga ke pembeli yang menggunakan mobil bagus (Foto: Pexels/Eugene Chystiakov)

Kalau tempat oleh-olehnya dekat, kamu enggak perlu menggunakan mobil. Jalan kaki saja atau naik kendaraan umum untuk menuju tempat oleh-oleh tersebut. Kenapa begitu? Karena ada saja pedagang yang mematok harga tertentu. Bagi pembeli yang menggunakan mobil bagus.

Bagaimana sahabat Merah Putih, sudah berencana beli berapa oleh-oleh nih? (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH