Kesehatan Mental

Tips Jitu Atasi Stres Selama Kehamilan

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 08 Juli 2021
Tips Jitu Atasi Stres Selama Kehamilan
Ibu hamil kerap merasa khawatir dan stres. (Foto: Pixabay/StockSnap)

SELAMA masa kehamilan, ibu biasanya merasa stres karena khawatir akan banyak hal. Mulai pilih-pilih makanan sampai khawatir untuk gerak kesana kemari karena takut membahayakan si jabang bayi bisa membuat ibu hamil semakin emosional. Belum lagi sekujur badan terasa pegal karena bobot bayi semakin besar setiap hari. Tidak apa-apa kok bund... wajar saja ibu hamil kerap khawatir sepanjang waktu.

Melansir dari webmd.com, ibu hamil bisa stres bukan hanya disebabkan oleh pikiran sendiri. Ibu bisa merasa emosional karena salah makan atau tidak bisa tidur sepanjang malam sebagai akibat dari perubahan hormon yang sangat drastis. Memperbaiki gaya hidup bisa meredakan stres kok.

Baca Juga:

Ahli Gizi: Wahai Orang Indonesia, Susu Beruang Tak Bisa Sembuhkan Covid-19


1. Olahraga

hamil
Mengikuti kelas olahraga khusus ibu hamil. (Foto: Pixabay/StockSnap)


Tubuh akan melepaskan hormon endorfin ketika berolahraga tak terkecuali untuk ibu hamil. Akibat hormon yang kacau, ibu hamil mudah mengalami stres berat. Lebih baik sejak masa kehamilan awal sudah rutin melakukan olahraga ringan khusus ibu hamil. Dengan begitu otot-otot semakin relaks dan memudahkan ibu hamil menghadapi masa persalinan sekaligus jauhdari stres.


2. Perbaiki pola gizi

hamil
Perhatikan gizi ibu hamil. (Foto: Pixabay/silviarita)


Jika ibu hamil stres bawaannya ingin ngedumel sambil ngemil sepanjang hari. Biasanya yang menjadi camilan bukan makanan sehat. Makan makanan yang tidak bergizi bisa membuat hormon ibu hamil semakin kacau sehingga kondisi emosional pun tak menentu. Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan penumpukkan gas seperti cabai dan petai yang akan membuat ibu hamil semakin merasa sesak. Ibu hamil wajib memerhatikan gizi yang baik untuk tumbuh kembang si jabang bayi.

Baca Juga:

Perawatan Kulit Alami untuk Penderita Diabetes


3. Jangan malu untuk curhat

hamil
Curhat ke dokter kandungan yang memiliki solusi jawaban. (Foto: Pexels/MART PRODUCTION)


Jangan sungkan untuk curhat ketika sedang hamil ya bund. Semua ibu hamil pasti mengalami berbagai macam keluhan dari mulai morning sickness, susah makan, sampai ngidam setiap hari. Tidak masalah kok untuk curhat ke orangtua mau pun teman terdekat mengenai gangguan yang kamu alami selama masa kehamilan. Justru jika dipendam sendirian malah akan membuat dirimu semakin stres. Kamu juga bisa curhat ke dokter kandungan yang memang lebih mengerti masalah ibu hamil agar hati semakin tenang. (mar)

Baca Juga:

Lima Kebiasaan Terus Dilakukan Setelah Pandemi

#Ibu Hamil #Kesehatan #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan