Tips Investasi Mobil Kuno

Rina GarminaRina Garmina - Sabtu, 03 Juni 2017
Tips Investasi Mobil Kuno
Mobil klasik bisa menjadi alat investasi menarik. (Foto: Gettyimages)

Beda dengan rumah, mobil seringkali tidak masuk kategori barang investasi. Namun, hal itu tidak berlaku pada mobil kuno. Dalam waktu 10 tahun, harga jual kembali mobil kuno atau klasik bisa mencapai 500 persen.

Ingin coba mengoleksi mobil kuno sebagai alat investasi? Simak dulu tipsnya berikut ini.

1. Beli yang disukai

Mulai dengan membeli mobil impian masa kecil. Mobil klasik adalah investasi berbasis kegemaran atau passion. Jadi, kuncinya ialah memilih mobil yang memang benar-benar Anda sukai. Ketika hasil investasinya di luar ekspektasi, Anda akan tetap menikmatinya.

2. Riset

Tips ini terdengar klasik. Namun, sampai saat ini masih terbukti efektivitasnya. Pelajari segala sesuatu tentang mobil yang ingin Anda beli. Lalu, cari potensi investasinya dari berbagai sumber. Ingat, jangan hanya cari dari satu sumber. Cari juga kelemahannya.

3. Beli yang terbaik

Ada banyak faktor yang memengaruhi nilai mobil klasik. Interior, eksterior, jarak tempuh, dan kondisi mesin. Selain itu, faktor yang tidak terlihat seperti keaslian dan rekam jejak pemilik juga berdampak pada harga mobil. Jika ada beberapa pilihan, ambil yang terbaik walaupun harganya sedikit lebih mahal. Namun, Anda bisa mendapatkan hasil investasi yang jauh lebih tinggi pada jangka panjang.

4. Edisi khusus

Kolektor biasanya gemar berburu mobil edisi khusus alias limited edition. Mobil edisi khusus ini paling-paling hanya diproduksi sebanyak 500 unit. Karena jumlahnya cuma sedikit, mobil edisi khusus jadi bernilai premium dan bisa dijual kembali dengan harga tinggi oleh kolektor mobil klasik.

5. Siapkan dana perawatan

Ketika investasi pada mobil kuno, satu hal yang wajib dicatat ialah Anda tidak membeli kendaraan baru. Jadi tidak ada garansinya. Akibatnya, Anda harus meluangkan waktu dan menyisihkan dana khusus untuk merawatnya.

Mobil klasik memang unik. Selain dapat memenuhi passion, mobil klasik juga bisa menjadi alat investasi. Sebelum membeli, pastikan Anda memilihnya dengan cermat agar bisa mendapatkan hasil investasi yang besar pada masa mendatang.

Baca juga artikel Jadi Selebritis Dadakan Dengan Mobil Klasik.

#Alat Investasi #Mobil Kuno #Mobil Klasik
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan