Tips Internet Murah, Gunakan Kartu SIM Lokal saat Melancong ke Luar Negeri Kartu Sim lokal memiliki biaya murah (Foto: Pexels/Silvie Lindemann)

KETIKA kamu bepergian ke negara lain kamu bisa mendapatkan layanan internet yang murah. Hingga panggilan telepon murah. Kuncinya cuma satu. Yaitu menggunakan kartu SIM lokal. Ya, jangan gunakan kartu SIM yang kamu gunakan di Indonesia. Biayanya bisa lebih mahal saat digunakan di negara lain.

Melansir laman nytimes.com, Kartu Subscriber Identity Module (SIM) merupakan kartu yang menyimpan sejumlah kecil data. Kartu ini terkoneksi dengan menara selular terdekat. Termasuk perusahaan internet dengan nirkabel di suatu tempat.

Namun, jika kamu pergi ke negara lain. Menara milik perusahaan nirkabel di negara tersebut enggak akan menerima sinyal kartu SIM lokal dari negara kamu. Sehingga itulah yang membuat biaya internet menjadi bengkak jika digunakan di negara lain.

Baca juga:

Melancong ke Luar Negeri? Situs Rental Mobil Ini akan Memudahkan Kamu Menyewa Mobil di Negara Orang Lain

Harga kartu SIM di setiap negara bervariasi. Tergantung pada negara dan penyedia. Namun, rata-rata harga kartu SIM di setiap negara berkisar USD 20 atau setara dengan Rp280 ribu untuk data 4G. Itu sudah termasuk layanan menelepon selama satu bulan.

Perusahaan kartu SIM di negara asing biasanya ingin melihat paspor kamu terlebih dulu (Foto: Pexels/Adrianna Calvo)

Sebagian besar paket roaming mengenakan biaya selama beberapa hari dan lambat. Serta terbatas data. Selain itu, sebagian besar perusahaan kartu SIM di negara lain ingin melihat paspor kamu. Jadi pastikan kamu membawanya saat ingin membeli kartu SIM.

Baca juga:

Panduan Lengkap Penting Bagi Kamu yang Mau Melancong Ke Luar Negeri

Aturan menggunakan kartu SIM di setiap negara berbeda. Beberapa negara memiliki persyaratan lain. Jadi supaya kamu tahu aturan membeli kartu SIM si suatu negara. Alangkah baiknya jika kamu googling terlebih dahulu.

Beberapa ponsel 'dikunci' ke operator atau kartu SIM tertentu (Foto: Pexels/Terje Sollie)

Satu lagi yang perlu kamu ingat. Setiap ponsel memiliki penguncian. Maksudnya beberapa ponsel 'dikunci' ke operator atau kartu SIM tertentu. Ini berarti perusahaan ponsel yang kamu gunakan harus mengaktifkan pengaturan pada ponsel. Sehingga ponsel kamu bisa digunakan pada jaringan berbeda.

Cara membuka kunci ponsel sangat bervariasi. Tapi enggak perlu khawatir, biaya membuka kunci gratis kok. Tapi, enggak semua ponsel dapat digunakan di setiap negara. Jadi sebaiknya periksa ponsel kamu terlebih dulu ke gerai layanaan customer service. Untuk membuka penguncian kartu SIM tadi.

Beruntung bagi kamu yang memiliki ponsel dengan dua slot kartu SIM. Sehingga kamu bisa menggunakan SIM lokal dari negara kamu. Dan slot yang satu lagi untuk kartu SIM lokal di negara tujuan kamu. (ikh)

Baca juga:

Kartu Debit Memudahkan Traveling dan Berbelanja Daring

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH