Tips dan Trik Menyusun 'Playlist' Lagu yang Cocok untuk Perjalanan Liburan Perjalan liburan akan semakin lengkap dengan playlist yang asyik (Foto: video blocks)

MEMBUAT playlist lagu untuk perjalanan liburan bisa dikatakan gampang-gampang susah, terlebih jika kamu pergi berlibur bersama rombongan. Tentu, selera musik masing-masing oran berbeda, lagu yang disukai satu orang belum tentu disukai orang lain dalam rombonganmu. Karena memang selera seseorang akan sesuatu, musik misalnya, tolak ukurnya sulit untuk ditentukan.

Sebelum masuk ke era digital, lebih sulit lagi membuat playlist lagu untuk perjalanan liburan, orang-orang biasanya melakukan kurasi dari radio dan merekam lagu yang mereka inginkan menggunakan kaset. Seperti membuat kompilasi lagu-lagu pilihan bertema liburan, jika kamu sempat melakukannya tandanya usiamu saat ini sudah tidak muda lagi

Banyaknya aplikasi layanan streaming musik saat ini, mempermudah kita untuk memilah lagu-lagu yang cocok untuk suasana apapun, termasuk saat pergi liburan. Namun permasalahannya masih sama, seperti yang sudah dikatakan pada awal artikel, proses membuat playlist lagu yang bisa dinikmati seluruh rombongan memerlukan proses kurasi dengan memikirkan berbagai faktor.

Baca juga:

Jakarta dalam Nyanyian

Mengenal City Pop, Genre Musik yang Kembali Bangkit dari Era 80an

Menurut laman sunsetvacation, terdapat tiga konsep atau faktor utama yang harus diingat ketika menyusun playlist lagu untuk liburan. Tiga konsep di bawah ini memiliki peran besar untuk menjadi landasan utama dalam menyusun lagu-lagu yang cocok untuk perjalanan liburan.

1. Vibe

Tips dan Trik Jitu Menyusun 'Playlist' Lagu yang Cocok untuk Perjalanan Liburan
Playlist lagu akan mengangkat mood yang kurang baik (Foto: Pixabay/rawpixel)

Vibe adalah tentang bagaimana musik membuat kamu dan rombongan lebih merasakan situasi perjalanan liburan. Memikirkan segala situasi yang mungkin kamu rasakan selama liburan akan membangkitkan emosi berbeda, konteks berbasis perasaan itu adalah vibe yang nantinya akan ditetapkan dan dukung oleh playlist lagu yang kamu buat.

Perlu diingat juga, vibe sewaktu-waktu akan berganti menyesuaikan dengan aktivitas yang kamu lakukan selama pergi liburan. Pastinya kamu akan memilih lagu-lagu yang diketahui, disukai, dan bisa dinyanyikan bersama rombongan dalam perjalanan liburanmu.

Membuat playlist lagu berdasarkan vibe pada dasarnya hanya metode untuk mengolah pilihan lagu berdasarkan perasaan yang diinginkan. Jika kamu dan rombongan berencana liburan ke pantai, pastikan kamu memilih lagu yang bisa membangkitkan mood dan suasana yang cocok.

2. Tema

Tips dan Trik Jitu Menyusun 'Playlist' Lagu yang Cocok untuk Perjalanan Liburan
Sesuaikan playlist sesuai tema liburan (Foto: Pixabay/StockSnap)

Memilih tema untuk playlist yang sempurna untuk perjalanan liburan bisa sama mudahnya dengan mendefinisikan sebuah konsep. Sementara vibe adalah tentang bagaimana playlist membuat kamu merasa secara keseluruhan, tema adalah hal yang menyatukan masing-masing lagu. Tema bisa dan seringkali melampaui musik dari era atau genre yang berbeda, asalkan konsepnya tetap jelas.

Misalnya kamu dan rombongan pergi liburan ke pantai, pilihlah lagu-lagu yang cocok dengan tema ‘pantai’. Bagaimanapun cara kamu memilih lagu untuk menyusun playlist liburan, vibe yang akan kamu dapatkan dari masing-masing lagu pasti akan berbeda, meskipun lagu tersebut masih dalam satu tema.

3. Audiens

Tips dan Trik Jitu Menyusun 'Playlist' Lagu yang Cocok untuk Perjalanan Liburan
Playlist yang baik seharusnya bisa dinikmati oleh semua orang (Foto: Pixabay/rawpixel)

Atau orang-orang yang melakukan perjalanan liburan bersamamu. Karena penting untuk mempertimbangkan siapa yang akan mendengarkan playlist lagu yang kamu buat.

Sementara playlist lagu harus menarik perhatian, terutama untuk diri sendiri, playlist yang benar-benar baik akan menyenangkan semua orang dalam rombongan, pada gilirannya itu akan memungkinkan semua audiens memanfaatkan vibe dan tema yang coba kamu buat.

Seperti yang telah dikatakan pada awal artikel, selera orang akan musik berbeda-beda. Karenanya, cobalah untuk memilih lagu-lagu yang kamu dan rombongan lainnya tahu, jangan lupa juga untuk menyelipkan lagu throwback yang mungkin akan disukai kedalam playlist, lagu-lagu populer semasa SMA misalnya.

Penting juga untuk memasukkan lagu yang memiliki cerita tersendiri antara kamu dan rombongan, misalnya lagu dari musisi tertentu yang kamu dan rombongan pernah hadir pada konsernya bersama.

Baca juga:

Perbarui Playlist dengan Lagu Baru yang Catchy

4 Lagu Hip-Hop ini Layak Masuk ke Playlist Kamu

Dengan mempertimbangkan tiga hal utama di atas, itu akan memberikan nilai lebih untuk playlist lagu yang kamu buat dan tentunya diapresiasi oleh audiens dengan bernyanyi bersama dan meingkatkan mood selama perjalanan liburan. (ADP)

Kredit : anandadimas


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH