Tips dan Trik Memasak ‘Barbecue’ untuk Sajian di Malam Tahun Baru Bikin bbq denga cara mudah (Foto: Pixabay/abstract)

MALAM tahun baru selalu disambut meriah oleh semua orang di dunia. Banyak cara yang dilakukan untuk menyambut tahun baru, seperti berkumpul dengan keluarga atau teman, ikut merayakan di pusat kota, dan masih banyak lagi. Tapi ada satu makanan yang sering disajikan saat malam tahun baru, Bbq.

Ketika membahas cara melakukannya setiap orang pasti punya metodenya masing-masing. Namun, tips dan trik untuk sajikan bbq berikut mungkin bisa membantumu di malam tahun baru atau acara-acara lainnya.

Baca juga:

Tips Mengolah Daging untuk Membuat Steak Empuk Layaknya Koki Profesional

Jangan gunakan pemanggang gas

Tips dan Trik Memasak ‘Barbecue’ untuk Sajian di Malam Tahun Baru
Lebih baik gunakan arang atau kayu bakar (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Banyak cara untuk menyajikan barbecue. Namun, satu yang tidak disarankan banyak ahli yakni menggunakan pemanggang gas. Karena itu hanya mendapatkan kematangan saja, kehilagan aroma dari asap kayu atau arang dalam prosesnya.

Pastikan semua peralatan bersih

Sebelum memulai semuanya, pastikan alat-alat yang akan digunakan untuk membuat barbecue bersih. Tempat membakar atau tunggku harus dibersihkan, termasuk peralatan lainnya.

Gunakan kayu dari pohon buah

Jika kamu serius ingin menyajikan rasa yang berbeda dari hasil bakaran arang biasa, gukanan kayu kering pohon buah-buahan untuk menambahkan aroma pada daging. Kayu dari pohon ceri, apel, peach, lemon, dan sebagainya.

Tak perlu daging yang sudah dibumbui

Tips dan Trik Memasak ‘Barbecue’ untuk Sajian di Malam Tahun Baru
Bumbui sendiri dagingmu (Foto: Pixabay/gate74)

Pastikan api benar-benar padam sebelum memasukkan daging berbumbu ke dalam pemanggang. Jika api tidak padam, maka masih ada cairan yang lebih ringan yang belum terbakar, dan kita tidak ingin rasanya seperti itu saat disajikan. Lebih aman menggunakan daging yg belum dibumbui.

Cukup gunakan lada, garam, rosemary, thyme, dan bawang. Kita akan tahu kapan waktunya untuk mulai memasak, ketika arang berwarna abu-abu dengan sedikit merah menyala di bawahnya. Itu akan memakan waktu sekitar setengah jam.

Baca juga:

Barbeque Cozy di Kota Serang

Sirkulasi udara adalah kunci

Daging tidak boleh menyentuh apa pun, selain permukaan yang didudukinya, saat memasak. Daging lain dan sisi-sisi kompor sama-sama tidak boleh. Pastikan ada ronga dalam panggangan untuk sirkulasi udara yang baik.

Jangan terlalu sering membuka tungku barbecue

Teknik memasak barbecue yang tepat dapat disimpulkan dengan tiga kata: "api kecil dan slow cook, Bersabarlah. Cobalah untuk tidak memeriksa suhu paling banyak setiap setengah jam karena suhu mendingin saat melakukannya.

Istirahatkan daging setelah matang sebelum disajikan

Tips dan Trik Memasak ‘Barbecue’ untuk Sajian di Malam Tahun Baru
Tunggu waktu resting daging sehabis diangkat (Foto: Pixabay/RitaE)

Setelah mengeluarkan daging dari panggangan, diamkan selama beberapa menit, ini dilakukan untuk menyegel cairan dan menjaga daging agar tidak mengering, Jangan langsung memotong daging sampai waktunya siap, daging akan mengeluarkan banyak cairan. Tunggu sekitar 3-5 menit, baru disajikan untuk menghangatkan malam tahun baru. (ADP)

Baca juga:

Jangan Takut Lapar saat Liburan ke Korea Selatan, 5 Restoran Ini Menyajikan Menu Halal

Kredit : anandadimas

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH