Tips Cerdas Menjadi Juara Dalam Mengelola Keuangan Bisnis Kenali cara cerdas untuk menjadi juara dalam mengelola keuangan bisnis (Foto: pixabay/geralt)

MENJADI juara dalam mengelola keuangan tentu bukan hal yang mudah, karena bila tidak diperhitungkan matang-matang, bisa mengakibatkan pengeluaran keuanganmu lebih besar daripada pemasukan, bahkan cendrung memburuk.

Lain halnya bila kamu mengetahui sejumlah langkah-langkah tepat untuk menjadi juara dalam mengelola keuangan. Mengenai hal itu, Certified Financial Planner, Rizki Marman Saputra menyampaikan sejumlah tips ampuh yang bisa kamu realisasikan.

Baca Juga:

Cara Mempersiapkan Dana Darurat Selama COVID-19 Menurut Perencana Keuangan

Saat wawancara eksklusif bersama merahputih.com, Rizki Marman memberikan beberapa tips cerdas untuk menjadi juara dalam mengelola keuangan bisnis.

Pada tahap memulai sebuah bisnis baru, Rizki mengatakan sangat penting untuk membangun atau merancang sebuah financial projection, yang nantinya akan meng-guide kamu, memberikan arahan tentang sirkulasi cash flow keuangan sebuah usaha yang baru dirintis dan memprediksikan apa saja pengeluaran secara detail dari usaha baru yang didirikan.

Pentingnya financial projection saat baru memulai bisnis (Foto: pixabay/geralt)

Sedikit informasi, financial projection merupakan rancangan proyek anggaran finansial saat baru memulai bisnis yang baru. Secara umum financial projection memberi gambaran tentang sirkulasi keuangan sebuah perusahaan, termasuk juga prediksi pengeluarahn perusahaan, anggaran modal dan segala bentuk pengeluaran keuangan yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Financial projection juga bisa menuntun kamu dalam menyisihkan budget modal dengan memisahkannya dari keuangan pribadi dan usaha, serta segala macam bentuk pengeluaran yang nantinya akan dikeluarkan dalam mendukung sebuah bisnis. Seluruh kegiatan tersebut baiknya direncanakan dengan matang dalam sebuah rancangan financial projection.

Ketika usaha mulai berjalan dan berkembang, ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengelola keuangan. Hal yang pertama yakni memisahkan uang usaha dan uang pribadi.

Beberapa kasus pebisnis tidak dapat memisahkan uang yang didapatkan dari usaha, dipakai untuk kebutuhan pribadi atau sebaliknya, tentunya hal tersebut menjadi awal kegagalan dari sebuah usaha.

"Sebaiknya sekecil apapun pengeluaran yang bersifat pribadi harus dipisahkan. Mulailah untuk menggaji diri kamu sendiri dari pendapatan bisnis atau laba kamu meskipun kamu adalah pemilik usaha tersebut," ujar Rizki Marman Saputra, pemegang sertifikasi Profesional di bidang Perencana Keuangan.

Hindari hutang usaha di saat memulai bisnis baru (Foto: pixabay/geralt)

Setelah itu tips kedua yang harus kamu lakukan demi menjadi juara dalam mengelola keuangan bisnis, yakni meminimalkan hutang usaha.

Apabila kamu memulai usaha masih pada fase rintisan, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan modal usaha dari berhutang. Sebab, kamu belum mengetahui secara pasti prospek dari usaha yang kamu rintis kedepannya.

Namun, ada saatnya hutang tidak lagi menjadi hal yang salah, apabila usaha kamu sudah berjalan dengan baik dan berkembang. Di mana hutan diperlukan untuk meningkatkan produktivitas usaha dan kemajuan dari usaha tersebut.

Dalam memilih hutang sebaiknya kamu pikir matang-matang terlebih dahulu, pastikan kebutuhan hutan kamu sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu untuk membayar hutan tersebut.

"Tetapkan apakah hutang tersebut untuk kebutuhahan investasi misalnya pembelian mesin atau kendaraan untuk mendukung mobilitas usaha, atau modal kerja yang biasa digunakan untuk kebutuhan pembayaran piutang atau belanja modal," tutur Rizki.

Baca juga:

3 Sektor Ekonomi di Dunia yang Paling Parah Terpengaruh COVID-19

Tips ketiga untuk jadi juara dalam mengelola keuangan bisnis, yaitu meminimalisir celah untuk pegawai yang melakukan fraud atau tindakan curang.

Seperti contoh petugas kasir kamu memiliki kewenangan untuk menerima uang dari hasil penjualan barang atua jasa, sebaiknya petugas kasir itu jangan dijadikan juga sebagai accounting.

Sebab ada kemungkinan bagi petugas itu untuk melakukan kecurangan dengan cara memanipulasi laporan keuangan, dari penerimaan uang hasil penjualan barang dan jasa tersebut. Pisahkanlah kedua wewenang itu, karena sistem kontrol yang baik cukup penting diterapkan dalam setiap usaha.

Tips keempat keempat yakni membuat laporan keuangan rutin. Laporan keuangan merupakan hal yang sangat-sangat penting bagi kamu dalam membuat strategi bisnis yang tepat, serta mengembangkan usaha. Disiplin lah membuatt laporan keuangan rutin mingguan, bulanan dan tahunan. Karena dengan laporan keuangan, kamu bisa mengetahui perjalanan kas yang masuk dan keluar.

Gunakan keuntungan menjadi tambahan modal, varian, dan keunggulan sebuah produk (foto: pixabay/maklay62)

Tips yang kelima yakni mempergunakan keuntungan bisnis dengan bijak. Laba atau keuntungan bisa digunakan menjadi tambahan modal yang bisa dimanfaatkan, misalnya penambahan varian produk atau ekspansi bisnis, serta biaya untuk berinovasi menciptakan suatu produk yang unggul dan unik dari kompetitor lainnya.

Namun, jangan pergunakan laba hanya untuk digunakan sepenuhnya untuk kebutuhan pribadi. Sebaiknya kamu pergunakan laba lebih bijak, kemudian mulai untuk bermindset sebagai enterpreneur sejati.

Setelah usaha mulai menjadi besar dan terbilang sukses, beberapa langkah penting perlu dilakukan. Pertama-tama yakni kamu harus memiliki sikap sebagai enterpreneur sejati.

Peggy A. Lambing dan Charles R. Kuehl dalam bukunya yang berjudul Entrepreneurship menyatakan, bahwa entrepreneurship merupakan tindakan kreatif yang membangun suatu value atau nilai dari suatu yang tidak ada.

Lebih jauh Peggy dan Charles juga menjelaskan bahwa entrepreneurship merupakan proses untuk menangkap dan mewujudkan peluang, terlepas dari sumber daya yang ada, serta membutuhkan keberanian untuk mengambil risiko yang sudah diperhitungkan.

"Oleh sebab itu beranikan diri teman-teman untuk mempunuyai jiwa entrepreneur seperti yang telah dijelaskan oleh berbagai referensi, Memulai Bisnis dengan niat dan Keyakinan, Memiliki Kecepatan Melihat Peluang, belajar dari Kisah Sukses Orang Lain, Mempunyai Modal yang cukup, Fokus, Disiplin, dan memiliki strategy marketing yang baik," tutup Rizki. (Ryn)

Baca juga:

4 Hal ini Bikin Kantong Milenial dan Gen Z Jebol!

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Arsy Widianto dan Tiara Andiri Luncurkan Single 'Memilih Aku'
ShowBiz
Arsy Widianto dan Tiara Andiri Luncurkan Single 'Memilih Aku'

Arsy Widianto dan Tiara Andini menghadirkan sebuah single terbaru yang bertajuk 'Memilih Aku'.

Produksi Prekuel Game of Thrones Dimulai
ShowBiz
Produksi Prekuel Game of Thrones Dimulai

House of the Dragon akan tayang di HBO Max pada 2022.

Cedera Kaki, V BTS Tampil Duduk di Konser Permission to Dance On Stage
ShowBiz
Cedera Kaki, V BTS Tampil Duduk di Konser Permission to Dance On Stage

Member lain menyebut V terlihat seperti bos.

Kenali Pengaruh Obesitas Terhadap Risiko Serangan Jantung
Fun
Kenali Pengaruh Obesitas Terhadap Risiko Serangan Jantung

Orang obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung.

Sains: Film Horor Dapat Atasi Masalah Kesehatan Mental
Fun
Sains: Film Horor Dapat Atasi Masalah Kesehatan Mental

Orang dengan gangguan kecemasan lebih cenderung menjadi penggemar film horor.

Ardhito Pramono Rilis EP Lagu Anak-Anak
ShowBiz
Ardhito Pramono Rilis EP Lagu Anak-Anak

Ardhito Pramono tergugah untuk mewujudkan project Ardhito Pramono For Kids

Santuy Aja, Kamu tak Selalu Harus Bikin Orang Lain Senang
Fun
Santuy Aja, Kamu tak Selalu Harus Bikin Orang Lain Senang

Kamu bukan permen yang selalu manis.

 Pakai Parfum Malam Hari bisa Tingkatkan Kualitas Tidurmu
Fun
Pakai Parfum Malam Hari bisa Tingkatkan Kualitas Tidurmu

Wewangian dalam parfum dapat menenangkan dan memanjakanmu hingga tertidur lelap sepanjang malam.

Bahaya Mengintai Bila Kerap Konsumsi Daging Merah
Fun
Bahaya Mengintai Bila Kerap Konsumsi Daging Merah

Daging merah ternyata bisa memicu berbagai penyakit kronis.

Popart Jakarta Dorong Pentingnya IP dalam Ekonomi Kreatif
Fun
Popart Jakarta Dorong Pentingnya IP dalam Ekonomi Kreatif

Popart Jakarta bertujuan menjadi stimulus bagi masyarakat luas, agar lebih mengetahui IP-IP berkualitas Indonesia