Tips Cari Kerja Fresh Graduate di Tengah Pandemi COVID-19

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 19 Agustus 2020
Tips Cari Kerja Fresh Graduate di Tengah Pandemi COVID-19
Begini tipsnya (Foto: Pixabay/FotografieLink)

PANDEMI COVID-19 memunculkan tantangan baru bagi para pencari kerja termasuk fresh graduate. Tidak sedikit perusahaan yang terdampak akibat wabah virus corona baru sehingga melakukan perampingan pegawai dan mengurangi perekrutan. Kondisi ini membuat fresh graduate sulit mendapatkan pekerjaan.

Lalu bagaimana langkah bagi fresh graduate untuk mengatasi persoalan tersebut?

Baca juga:

Belajar Decentralized Finance di Webinar Indonesia Blockchain Week 2020

1. Perkuat brand dan profil digital pribadi

Perkuat brand dan profil digital (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)
Perkuat brand dan profil digital (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)

Profil serta foto atau tulisan yang dibagi dalam dunia digital menjadi penilaian pertama para head hunter atau HRD Perusahaan. Director Coorporate Affairs Microsoft Indonesia, Ajar Edi menjelaskan penting untuk calon pencari kerjamemaksimalkan brand dan profil digital di Sosial Media.

"Jadilah pribadi yang otentik. Tunjukkan bahwa anda tahu tujuan hidup dan bertanggung jawab," kata Ajar Edi.

Berikutnya, cari insight dan trend yang tengah berkembang. Lalu, hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah memperkuat soft skill. Dengan langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membuka kesempatan yang semakin besar bagi para pencari kerja untuk dilirik perusahaan.

2. Perlu membangun jejaring pertemanan yang positif

Perlu membangun jejaring pertemanan (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)
Perlu membangun jejaring pertemanan (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)

Pepatah 'banyak teman banyak rejeki' itu berlaku dalam mencari kerja. Menjaga tali silahturahmi pertemanan dapat membantu seseorang mendapatkan pekerjaan. Menjaga hubungan yang baik dengan mantan kolega atau atasan di perusahaan sebelumnya juga dapat mempermudah mendapat pekerjaan di masa depan.

Sebab perilaku baik dapat menciptakan image baik dan menumbuhkan kepercayaan. Kepercayaan ini dapat membuat kolega atau mantan bos memberikan rekomendasi kepada perusahaan tempat melamar.

"Dalam membangun jejaring seyogyanya dilakukan secara profesional dan menghormati stakeholder serta berlaku sopan," katanya.

Baca juga:

Plus-Minus Jualan Pakai Cara Pre-Order

3. Berfikir positif dan terus berusaha

Tetap berpikir positif (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)
Tetap berpikir positif (Foto: Pixabay/StartupStockPhotos)

Resah karena tidak segera mmperoleh pekerjaan merupakan fenomena yang seringkali dialami para fresh graduate. Dosen Fakultas Geografi UGM, Wirastuti Widyatmanti, meminta para fresh graduate untuk bisa selalu bersikap positif di masa tunggu mendapatkan pekerjaan.

"Sambil menunggu dipanggil kerja coba untuk meningkatkan kepercayaan diri, soft skill serta meningkatkan keahlian yang disukai dan bermanfaat bagi karir dan kehidupan," kata Wirastuti.

Selain itu Wirastuti menekankan agar pencari kerja terus mencoba dan tidak mudah menyerah. Serta selalu berbuat baik berdoa dan bersukur.

4. Percaya diri dan terus kembangkan kapasitas diri

Tetap percaya diri (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Tetap percaya diri (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Direktur Utama PT. Danareksa Sekuritas, Dr.Friderica Widyasri Dewi menegasakan salah satu modal kesuksesan di masa depan adalah percaya diri. “Kalau Anda sendiri tidak percaya diri, maka siap ayang akan percaya. Karenanya harus percaya diri kalau Anda memiliki nilai tambah untuk perusahaan,” tuturnya.

Belajar menjadi pribadi yang positif, memiliki pasion dan pantang menyerah. Dengan demikian diharapkan bisa menjadi pribadi yang berintegritas.

Terakhir Frederica menambahkan agar para pencari kerja harus terus selalu ingin bertumbuh mengembangkan kapasitas diri dan tak berhenti belajar. “Ingat bahwa kesuksesan adalah sebuah proses yang tidak akan berakhir, semua butuh waktu,” jelasnya. (Teresa Ika/Yogyakarta)

Baca juga:

Apa Pentingnya Segementasi Pasar Bagi Suksesnya Usaha?

#COVID-19 #Pekerjaan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan