Tips Cara Bijak dan Cerdas Maksimalkan Keuntungan Kartu Kredit Kartu Kredit. Foto:kaskus

TIDAK semua pemegang kartu kredit mampu memaksimalkan penggunaan 'kartu sakti' di tangan mereka. Masih banyak nasabah yang takut untuk menggunakannya. Padahal, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Kekhawatiran nasabah akan kartu ini nampaknya cukup berlebihan. Apalagi jika melihat rekam buruk dari pengguna yang keliru menggunakannya. Pasalnya, kesalahan kecil akan membuat pengguna terjerumus dengan utang.
Namun harus dipahami jika kartu kredit digunakan dengan tepat banyak sekali keuntungan yang bakal diraih.

Di sini, kami akan tunjukkan kelebihan yang ditawarkan pihak perbankan dari layanan kartu kredit ini. Anda juga akan menemukan fungsi utama sekaligus cara bijak untuk menggunakannya. Jadi, mari simak baik-baik ulasannya di bawah ini!

kartu kredit
Kartu Kredit. Foto:kaskus

Fungsi Utama Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat bantu yang diciptakan pihak bank. Keberadaannya sejalan dengan kemajuan teknologi, serta tentu saja sejalan dengan pola hidup masyarakat yang menginginkan kepraktisan.

Memang benar, keberadaan kartu ini memberikan kemudahan dalam hal pembayaran sesuatu. Di sini, perbankan menawarkan produk tersebut untuk membantu para pengguna dalam hal transaksi pembelian.

Perbankan akan memberikan talangan dana bagi pemilik alat bantu pembayaran ini. Talangan dana ini sesuai dengan produk yang dipilih. Artinya, ada batasan jumlah yang diberikan pihak bank untuk pengaju kartu kredit.

Dana ini nantinya bisa dimanfaatkan pemilik kartu untuk melakukan pembayaran. Di lain sisi, pemilik kartu wajib melakukan pembayaran di waktu yang ditentukan.

Yang perlu diperhatikan, pemilik kartu perlu memenuhi kriteria penggunaannya. Kemudian, pemilik juga harus bijak dalam memanfaatkannya sampai melakukan pembayaran.

Apabila penggunanya mampu melakukan hal tersebut, sudah semestinya jika pengguna tidak akan terbebani dengan pelunasan kartu. Artinya, dana yang dibayarkan sesuai dengan dana yang dikeluarkan di bulan sebelumnya.

Berbeda jika penggunanya hanya membayar setengah dari pelunasan saat jatuh tempo. Pengguna akan dibebani bunga di bulan berikutnya. Inilah yang membuat penggunanya bakal mengeluarkan biaya ekstra.

Intinya, fungsi kartu kredit adalah sebagai alat pembayaran yang praktis. Bukan menjadi alat untuk mencari utang. Karena uang sebenarnya dimiliki oleh pengguna yang sudah disimpan di dalam bank.

Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

Begitu banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh pemilik alat bantu pembayaran ini. Anda tidak perlu ragu untuk memilihnya. Karena memang kecanggihan teknologi ini membuat banyak perubahan besar yang memudahkan.

Khusus untuk kartu kredit, layanan ini punya banyak keuntungan. Di antara keuntungan yang akan diperoleh adalah sebagai berikut ini.

Kemudahan Bayar Tagihan Bulanan

Tidak dipungkiri jika Anda hidup bergantung pada banyak layanan. Mulai dari layanan listrik, air dan lain sebagainya. Kesemuanya merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi.

Layanan-layanan ini tentunya tidak diberikan secara gratis. Anda sebagai pengguna layanan wajib untuk melakukan pembayaran secara rutin. Minimal, Anda harus membayarnya di tiap bulan.

Melakukan pembayaran tagihan di beberapa tempat nyatanya kurang efektif. Karena akan memakan waktu yang lama. Bisa dibayangkan jika Anda adalah orang yang sibuk? Tentu, Anda akan kesulitan untuk mengatur waktu beraktivitas dan waktu melakukan pembayaran tagihan.

Beruntungnya, perbankan memberikan layanan kartu kredit ini. Kartu ini bisa dijadikan sebagai alat untuk mempermudah pembayaran sejumlah tagihan bulanan. Mulai dari pembayaran tagihan listrik, TV kabel sampai tagihan air.

Yang perlu diperhatikan, pilihlah kartu yang memiliki fitur tersebut. Jika tidak memiliki fitur tersebut, sudah pasti Anda tidak bisa menggunakannya untuk membayar tagihan.

kartu kredit
Kartu Kredit. Foto: Antara

Bayar Tiket Pesawat Secara Online

Hampir sebagian besar tiket pesawat dijual secara online di masa kini. Penjualan secara online dianggap lebih memudahkan. Apalagi setelah adanya dukungan internet yang memadai.

Pembelian tiket pesawat ini tentu harus dibarengi dengan pembayaran. Jika tidak dilakukan pembayaran saat itu juga, maka Anda mustahil untuk mendapatkan tiketnya.

Nah, untuk pembayaran dari pembelian tiket ini, kartu kredit bisa dimanfaatkan. Kartu ini cukup mudah digunakan, tinggal lakukan pembayaran sesuai aturan yang ditentukan. Hasilnya, Anda akan mendapati tiketnya dan siap untuk bepergian sesuai yang direncanakan.

Fasilitas Cicilan 0% Pembelian Barang-Barang Mahal

Pembelian barang secara angsuran kadang dibebani biaya tambahan. Normalnya ada bunga di setiap pembelian barang mahal. Adanya bunga ini berbanding dengan resiko yang akan dihadapi oleh penjual.

Tetapi jika Anda melakukan pembayaran dengan kartu kredit, angsuran bulanan untuk pembayaran barang tidak dibebani bunga. Malahan, Anda akan membeli barang sesuai dengan harga aslinya dan bisa dicicil selama waktu yang ditentukan.

Cara seperti ini tentu memberikan angin segar buat Anda. Setidaknya, Anda akan lebih mudah untuk menstabilkan keuangan bulanan meskipun membeli barang mahal.

Diskon dari Rekanan Bank

Banyak sekali rekanan perbankan di sekitar Anda. Mulai dari penginapan, pesawat terbang, pusat perbelanjaan sampai restoran.

Adanya rekanan ini sejatinya memberikan bantuan besar untuk Anda. Anda bisa mendapatkan potongan harga jika melakukan pembelian di rekanan perbankan ini. Misalnya potongan beberapa persen untuk pembelian tiket pesawat, pembelian barang-barang mewah, pembelian makanan dan lain sebagainya.

Peluncuran Kartu Kredit BRI edisi Wonderful Indonesia
Peluncuran kartu kredit tersebut merupakan hasil kerjasama Taman Wisata Candi Borobudur dengan Bank BRI sebagai bentuk sinergi BUMN dalam mempromosikan pariwisata Indonesia ke tingkat dunia. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Perlu diingat jika fungsi kartu kredit adalah sebagai alat bantu pembayaran. Namun begitu, Anda harus bijak ketika ingin menggunakannya. Karena jika tidak, Anda akan kesulitan saat melunasinya. Lalu, bagaimana cara menggunakan kartu kredit yang benar?

Batasi Jumlah Kepemilikan Kartu Kredit

Banyak sekali produk kartu kredit ini. Mulai dari premium, gold dan biasa. Tentunya, jenisnya memberikan keuntungan masing-masing. Terutama untuk jumlah uang yang diberikan.

Melihat banyaknya produk, Anda sebenarnya harus pintar dalam memilihnya. Minimal, ajukan credit card yang sangat dibutuhkan. Kemudian milikilah 2 jenis yang berbeda sesuai fitur yang Anda harapkan.

Hindari Tarik Dana Melalui ATM

Penarikan dana di mesin ATM memang bisa dilakukan. Tetapi, Anda harus bijak saat menggunakannya. Kalau bisa, hindari untuk melakukan kebiasaan tersebut.

Penarikan ini kadang dilakukan lantaran Anda sangat butuh uang cash. Entah itu untuk biaya pengobatan ataupun biaya lainnya.

Namun harus diingat bahwa di setiap kali penarikan tunai, Anda akan dibebani tagihan sebesar 4%. Jika dilakukan berulang kali, sudah pasti tagihannya akan terus membengkak. Makanya, kalau bisa hindari penarikan tunai.

Gunakan Seperlunya Saja

Jangan setiap kali melakukan pembayaran dengan kartu ini. Akan lebih baik jika Anda juga menggunakan pembayaran konvensional. Misalnya Anda ingin mengejar poin yang akan ditukarkan hadiah.

Pembayaran setiap hal biasanya akan membuat Anda lupa. Akhirnya, limit dari kartu terlewati. Inilah yang akan memicu banyaknya biaya pelunasan.

kartu kredit
Kartu Kredit. Foto:kaskus

Lunasi Tagihan Tepat Waktu

Satu lagi hal yang harus Anda lakukan adalah membayar tagihan kartu kredit di waktu yang ditentukan. Tentunya dengan melunasinya. Bukan mengambil keringanan.

Karena pelunasan di waktu yang ditentukan akan menghindarkan dari denda dan bunga. Hasilnya, Anda hanya membayar sesuai pengeluaran yang dilakukan sebelumnya.

Kesimpulannya, kartu kredit bisa menjadi hal yang memudahkan, bisa juga menyulitkan. Kuncinya bergantung pada cara Anda dalam menggunakannya. Jika bijak dalam memanfaatkannya, Anda akan mampu memaksimalkan fungsi kartu kredit ini sebagai alat pembayaran. (*)

Artikel ini diolah MerahPutih.com dari berbagai sumber.



Wisnu Cipto