Tips Busana untuk Ibu Hamil, Kenyamanan yang Utama Pakaian perempuan hamil harus memberikan kenyamanan. (Foto: Pixabay/Greyerbaby)

BUKAN rahasia lagi bila perempuan hamil akan mengalami perubahan pada tubuhnya. Bila ini terjadi tentunya yang pertama terdampak adalah busana yang dipakai oleh ibu hamil. Baju-baju sebelumnya tidak dapat dipakai selama masa kehamilan.

Menurut laman alodokter, perut yang membesar, tubuh yang sering berkeringat dan mudah lelah, membuat ibu hamil perlu menyesuaikan pilihan pakaian. Ada baiknya pilihan busana yang dapat membuat perempuan hamil itu nyaman dan leluasa bergerak.

hamil
Masih ada pakaian di lemari baju yang dapat dipakai. (Foto: Pixabay/Pexels)

Menurut laman alodokter, ada baiknya melihat koleksi pakaian di lemari kamu. Pilih baju yang bahannya bisa merenggang. Kardigan lebih fleksibel karena bagian depannya yang tanpa kancing. Rok terusan adalah pilihan yang dapat diandalkan untuk kenyamanan. Jumpsuit dengan bahan yang dapat melar dan pas badan pilihan yang baik yang dapat dipadukan dengan kaus. Tunik pilihan baik karena longgar pada bagian perut. Warna gelap sangat tepat karena mudah dipadupadankan.

Ibu hamil masih dapat mengenakan celana dengan kancing pada bagian depan. Hanya saja tambahkan dengan karet atau ikat rambut yang dikaitkan pada kancing dan lubang kancingnya. Sudah banyak karet ini dijual di pasaran untuk kebutuhan ibu hamil.

hamil
Baju untuk ibu hamil yang utama adalah kenyamanan. (Foto: Pixabay/pedroserapio)

Untuk bra, perempuan hamil harus mencari yang baru karena perubahan tubuh yang membesar. Bra olahraga atau bra menyusui adalah pilihan tepat. Jangan memakai pakaian ketat karena membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Kalau toh hendak memakai legging carilah legging khusus untuk ibu hamil.

Yang tak kalah pentingnya adalah alas kaki. Seperti juga payudara, kaki dapat membesar seiring dengan kehamilan. Sebaiknya hindari sepatu berhak tinggi, carilah sepatu atau alas kaki datar yang nyaman. Carilah warna netral agar mudah dipadupadankan dengan baju yang dikenakan. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH