Tips Bikin Karaoke di Rumah Jadi Naik Kelas

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 11 Juli 2022
Tips Bikin Karaoke di Rumah Jadi Naik Kelas
Karaoke di rumah lebih asyik tanpa harus khawatir waktu. (Foto: Unsplash/Brandi Alexandra)

MENGAPA harus pergi jauh-jauh ke tempat karaoke kalau bisa di rumah. Selain hemat ongkos dan waktu, karaoke di rumah bisa kamu lakukan kapan pun untuk mencurahkan rasa galau dan teriak-teriak sesuka hati. Apalagi kamu bisa dengan mudah membuat pengaturan karaoke dengan hanya memilih playlist lagu dari Youtube.

Bernyanyi memang menjadi salah satu cara untuk melepas penat. Selain pelipur lara, karaoke seakan sudah menjadi gaya hidup banyak orang, mulai dari remaja hingga dewasa. Di tempat-tempat karaoke keluarga, para pengunjung tidak hanya bisa bernyanyi tetapi juga menikmati hidangan dan suasana sambil berjoget bersama.

Rumah juga bisa dijadikan tempat karaoke, terlebih jika kamu punya satu ruangan khusus dengan perlatan pendukung. Ada beberapa perangkat dibutuhkan untuk membuat karaoke di rumah naik kelas. Mengutip laman Techlifegeek, peralatan pertama paling dibutuhkan untuk karaoke tak lain mikrofon ultra high frequency (UHF).

Baca juga:

Ransel Hiking Bergas Bikin Tampilan Naik Kelas

Tips Bikin Karaoke di Rumah Jadi Naik Kelas
Karaoke bersama keluarga jadi makin menyenangkan. (Foto: Unsplash/One zone Studio)

Minimal kamu harus memiliki dua mikrofon agar memungkinkan anggota keluarga untuk berduet. Punya satu mikrofon saja sebenarnya tidak masalah karena bisa digunakan bergantian. Mikrofon UHF memiliki koneksi stabil sehingga suara tidak putus-putus dan terdengar lantang.

Sudah punya mikrofon, belum lengkap jika tidak ada mixer. Kamu dapat menghubungkan mikrofon ke lebih dari satu speaker agar dapat output suara lebih menggelegar sekaligus terhubung ke layar TV atau komputer nan menampilkan lirik lagu.

Speaker juga menjadi instrumen penting untuk mendukung aktivitas karaoke. Semakin lantang dan jernih suara speaker, kamu akan semakin menikmati lagu saat dinyanyikan. Ada berbagai macam speaker bisa kamu beli, seperti Polytron, BareTone, Pioneer, BMB, dan masih banyak lagi.

Kamu memerlukan PC atau lapto untuk memutar sumber audio dari Youtube atau platform lainnya. Jika ingin mendapatkan visual lebih jelas dapat hubungkan komputer ke TV menggunakan kabel HDMI maupun lewat wireless casting jika TV sudah mendukung koneksi tersebut.

Peralatan utama sudah, waktunya membangun ruang karaoke jika kamu memiliki ruangan kosong. Tahap awal, hal paling mendasar harus dipertimbangkan cara meredam suara ruangan agar bisa bebas berkaraoke ria tanpa khawatir mengganggu tetangga. Kamu bisa membeli busa peredam suara di e-commerce, atau memanfaatkan karpet rumah sudah tidak digunakan.

Baca juga:

5 Tips Naikkan Kelas Penjualanmu di Lokapasar

Tips Bikin Karaoke di Rumah Jadi Naik Kelas
Siapkan snacks andalan. (Foto: Unsplash/Nico Smit)


Dengan tertempelnya karpet pada dinding, ruangan karaoke akan terasa lebih panas. Oleh karena itu, kamu juga memerlukan AC atau kipas angin.

Supaya tambah naik kelas, dekorasi ruangan tersebut bak tempat karaoke pada umumnya. Kamu bisa menaruh beberapa lukisan, foto, atau hiasan dinding kesukaanmu. Biar makin kece, jangan lupa juga memasang lampu neon berwarna pada sudut ruangan agar nuansa karaoke lebih terasa.

Tidak kalah penting juga, tempatkan dua sampai tiga sofa untuk tempat duduk dan satu meja untuk menaruh minuman dan makanan.

Setelah ruang karaoke siap, jangan lupa siapkan snacks dan minuman andalanmu untuk menenami konser mini di rumah. Kalau bisa, hindari makanan atau minuman membuat tenggorokan kering seperti keripik atau minuman bersoda. (and)

Baca juga:

Prettycia Naik Kelas Rilis Koleksi Baru di ITFW 2022

#Musik #Teknologi #Juli Warga +62 Naik Kelas
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan