Tips Berpakaian Saat Interview Kerja untuk Perempuan Tips berpakaian saat interview kerja (Pexel/Tim Gouw)

INTERVIEW pekerjaan menjadi suatu kesempatan bagi kamu untuk memberikan first impression yang baik bagi perusahaan yang kamu lamar. Sebelum mengatakan satu kata, kamu sudah memberikan first impression yang akan dinilai oleh HRD melalui penampilanmu.

Melalui pakaian yang dikenakan, HRD bisa menilai karakter kamu sebagai pekerja, apakah termasuk orang pemalas, rajin, atau orang yang suka melakukan pekerjaan setengah-setengah. Apalagi untuk perempuan, beberapa perempuan biasanya membutuhkan waktu berjam-jam untuk memutuskan pakaian apa yang harus dikenakan.

Berikut beberapa tips untuk kamu para perempuan yang ingin tampil terlihat profesional dan tetap stylish saat interview kerja.

Blazer

Inspirasi outfit untuk interview kerja menggunakan blazer (Foto: dailypins.com)
Inspirasi outfit untuk interview kerja menggunakan blazer (Foto: dailypins.com)


Memakai blazer adalah pilihan yang paling aman ketika ingin melakukan interview kerja. Namun, blazer akan terkesan membosankan jika tidak kamu mix and match dengan tepat.

Kamu bisa menggunakan blazer putih dan dipadukan dengan blouse serta celana berwarna hitam. Selain itu, dapat pula menambahkan aksesoris seperti jam tangan untuk mendukung penampilan agar terlihat lebih professional.


Kemeja

Interview kerja menggunakan  kemeja (Foto: pinterest/Loubna Nizar)
Interview kerja menggunakan kemeja (Foto: pinterest/Loubna Nizar)


Jika kamu ingin mengenakan kemeja saat interview kerja, jangan pernah ragu untuk bereksperimen dengan kemeja mu. Akan terkesan membosankan jika kamu menggunakan kemeja putih dengan bawahan celana kain berwarna hitam. Kamu bisa menggunakan kemeja berwarna lain seperti biru dan menggunakan bawahan berwarna cokelat.


Sweater

Inspirasi menggunakan sweater untuk interview kerja (Foto: Pinterest/Miss louie)
Inspirasi menggunakan sweater untuk interview kerja (Foto: Pinterest/Miss louie)


Agar tidak terlalu Kaku, kamu bisa memadukan sweater dengan kemeja. Kamu dapat menggunakan sweater potongan V neck dan kemeja panjang yang kancing. Bagian paling atas kemeja dibiarkan terbuka. Untuk bawahannya, kamu dapat menggunakan rok selutut atau celana biasa yang senada dengan sweater.


Dress

Menggunakan dress saat interview kerja (Foto: pinterest/mary orton)
Menggunakan dress saat interview kerja (Foto: pinterest/mary orton)

Mengenakan dress juga bisa membuat kamu terlihat professional. Pilihlah dress yang pas di badan serta memiliki potongan leher yang tidak terlalu rendah.

Dengan pakaian tepat, kamu bisa menjadi lebih percaya diri dan bisa menjalankan proses interview lebih baik. Selamat mencoba! (bel)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH