Tips Berkendara saat Bulan Ramadan, Jangan Mudah Emosi

Soffi Amira PutriSoffi Amira Putri - Rabu, 13 April 2022
Tips Berkendara saat Bulan Ramadan, Jangan Mudah Emosi
Ilustrasi berkendara. Foto: why kei/Unsplash

MerahPutih.com - Berkendara saat bulan Ramadan memang membutuhkan penyesuaian. Ada beberapa kebiasaan yang harus diubah oleh pengendara agar merasa tetap aman dan nyaman.

Untuk melakukan perjalanan sehari-hari yang harus diperhatikan adalah perubahan pola tidur dan pola makan yang berakibat pada kelelahan yang tidak disadari. Karena perubahan tersebut secara tidak langsung berakibat pada stamina.

Baca juga:

Street Race BSD Mengobati Kerinduan Balap Roda Dua Selama Ramadan

Menurut keterangan Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, meskipun tidak terlalu signifikan, perubahan pola tersebut membuat seseorang gampang mengantuk. Selain itu, kondisi motorik juga menurun sekaligus membuat orang gampang emosi.

Berkendara saat puasa lebih mudah mengantuk
Berkendara saat puasa lebih mudah mengantuk. Foto: Stephan Louis/Unsplash

Biasanya rute perjalanan sehari-hari seperti ke kantor merupakan rute yang sama, hal ini juga membuat seseorang mengalami penurunan dalam hal antisipasi.

“Rute seperti ini bisa menyebabkan pengendara mengalami penurunan motorik sehingga berkurangnya respon atau lambat bereaksi dalam satu keadaan yang membahayakan,” jelas Jusri dilansir KabarOto.com.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pengendara harus melatih sensor motorik, seperti mata dengan melihat ke kiri dan kanan, sekaligus menangkap objek-objek yang terlihat mata sekaligus memahaminya.

“Dalam kondisi puasa respon sistem motorik terkadang menurun. Untuk itu, pengendara mobil harus memahami apa yang dilihat dan melakukan langkah antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan,” pungkas Jusri. (*)

Baca juga:

PT Piaggio Indonesia Tawarkan Pengalaman Berkendara Premium Selama Ramadan

#Tips Otomotif #Tips Berkendara #Mobil
Bagikan
Bagikan