Tips Berbelanja Saat Libur Natal dan Tahun Baru Ilustrasi berbelanja (Foto: Pixabay/StockSnap)

BUKAN rahasia lagi kalau setiap Natal dan Tahun Baru ada saja produk-produk yang memberikan diskon gila-gilaan. Bagi sebagian orang ini adalah cobaan berat. Alih-alih ingin berhemat, malah memberi barang-barang yang tidak terlalu penting.

Oleh karena itu ada baiknya kalau kamu membaca tips-tips dari merahputih.com ini. Dengan begitu kamu bisa ngerem untuk membeli suatu barang yang tidak terlalu penting.

1. Tetapkan batas waktu

Tetapkan batas waktu saat ke mall (Foto: Pixabay/stevepb)
Tetapkan batas waktu saat ke mall (Foto: Pixabay/stevepb)

Biasanya saat pergi ke mall kita suka lupa waktu. Berkeliling tidak jelas sambil melihat barang-barang di setiap toko sepertinya menjadi rutinitas wajib. Sayangnya, semakin kamu berlama-lama di mall, maka godaan untuk berbelanja juga semakin tinggi. Jadi lebih baik tetapkan berapa lama kamu di mall.

2. Buat daftar belanja

Buat daftar belanja (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)
Buat daftar belanja (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

Salah satu masalah yang sering dihadapi saat berbelanja adalah membeli produk tidak penting. Maka dari itu lebih baik kamu membuat daftar belanja terlebih dulu sebelum pergi te toko swalayan atau semacamnya. Jika perlu, cek kembali barang-barang yang kamu beli sebelum menuju kasir.

3. Berbelanja online

Belanja online menjadi pilihan (Foto: Pixabay/HutchRock )
Belanja online menjadi pilihan (Foto: Pixabay/HutchRock)

Saat ini belanja online semakin digemari. Selain tidak perlu repot-repot keluar rumah, harga yang ditawarkan terkadang lebih murah dibandingkan di toko. Nah, berbelanja online mungkin menjadi salah satu solusi untuk menghindari memberi barang yang tidak terlalu penting.

4. Nikmati liburan dengan keluarga

Nikmati liburan bersama keluarga (Foto: Pixabay/Pexels
Nikmati liburan bersama keluarga (Foto: Pixabay/Pexels

Libur Natal dan Tahun Baru kali ini memang cukup panjang. Kamu mendapatkan libur 4 hari untuk Natal dan 4 hari lagi untuk Tahun Baru. Karena masa libur yang panjang pasti kamu akan mencari kegiatan, berbelanja salah satunya. Nah, untuk menghindari itu, coba manfaatkan waktu kosongmu bersama keluarga.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH