Tips Belanja Online Aman ala Google Berbelanja online aman (Sumber: Pixabay/HutchRock)

DI zaman sekarang igin memiliki suatu barang memang tidak terlalu sulit. Tinggal buka ponsel, mencari barang yang diinginkan dan melakukan transaksi, maka semuanya selesai. Belanja online kini memang digemari terutama bagi kaum milenial.

Meski demikian, belanja online juga harus cermat. Alih-alih sengan dengan barang tersebut, kamu malah dibuat kecewa karena barang yang dipesan tidak sesuai ekspektasi. Nah, dilansir dari Antara, Kamis (14/2) Google memberikan tips belanja aman di e-commerce. Apa saja itu?

1. Menggunakan kata kunci kuat

Jangan asal membuat kata kunci (Sumber: Pixabay/200degrees)
Jangan asal membuat kata kunci (Sumber: Pixabay/200degrees)

Warganet yang senang melalkukan belanja online seringkali memiliki akun di e-commerce. Di akun tersebut menyimpan informasi yang cukup sensitif, paling tidak, email, nomor telepon dan nomor kartu kredit.

Nah untuk itu, pergunakan kata kunci kuat agar tidak mudah diretas orang. Selain itu usahakan juga menggunakan kata kunci berbeda di setiap e-commerce. Guna mendapatkan akses kembali jika lupa kata sandi kamu bisa mengaktifkan fitur pemulihan akun.

2. Menggunakan aplikasi

Kamu harus menggunakna aplikasi resmi (Sumber: Pixabay/200degrees)
Kamu harus menggunakna aplikasi resmi (Sumber: Pixabay/200degrees)

Biasanya, e-commerce sering memberikan penawaran khusus jika melakukan transaksi di aplikasi. Misalnya diskon besar dibandingkan berbelanja lewat website. Namun, beberapa oknum membuat aplikasi yang mirip dengan e-commerce tertentu agar bisa mencuri informasi pribadi atau memasang malware di ponsel.

Oleh karena itu, pastikan aplikasi yang kamu unduh itu benar-benar aplikasi resmi. Kamu juga bisa mengunduhnya di sumber terpercaya misalnya Google Play Store. Biasanya Google Play Store akan memindai aplikasi untuk mendeteksi malware sebelum dan sesudah pemasangan.

3. Waspadai phising

Hati-hati phising (Sumber: Pixabay/PhotoMIX-Company)
Hati-hati phising (Sumber: Pixabay/PhotoMIX-Company)

Saat berselancar di dunia maya, jangan mudah mengklik tautan mencurigakan agar tidak terjadi pencurian data. Selalu cek apakah URL yang kamu buka menampilkan tanda gembok. Jika iya, berarti URL tersebut aman di buka.

Tips lainnya, coba perharikan URLnya apakah situs diawali dengan https atau http. Mesti terlihat sama awalan https lebih aman dibandingkan http. Gunakan juga browser yang memiliki fitur informasi jika hendak membuka situs mencurigakan. (yani)

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH