Selebritas
Tips Belajar Asyik Ala Sherina Munaf Sherina Munaf membagikan tips belajar asyik (Foto: instagram @sherinasinna)

SAAT mendengar kata 'Belajar', mungkin sejumlah orang teringat dengan hal yang terkesan membosankan, kaku dan mengintimidasi, seperti menghafal banyak rumus. Padahal, kegiatan belajar dapat menjadi sebuah kegiatan yang asyik dan menyenangkan, demikian kata Aktris sekaligus penyanyi Sherina Munaf.

Baca Juga:

Jangan Diskriminasi Murid yang Belajar dari Rumah Selama PTM

Pelantun lagu Cinta Pertama dan Terakhir itu, memiliki beberapa cara untuk membuat kegiatan belajar menjadi lebih asyik dan seru. Seperti siaran pers yang diterima dari Zenius, tips belajar asyik dari Sherina Munaf yang pertama yakni mulai dari ide besar. Ketika baru mulai belajar, biasanya Sherina mulai dari ide besarnya terlebih dahulu, tidak langsung ke informasi yang detail.

"Kalau ide besarnya udah menarik, biasanya aku akan termotivasi sendiri buat gali detailnya. Aku biasanya mulai baca-baca buku populernya dulu, baru, kalau tertarik, baca textbook untuk lebih detailnya," tutur Sherina.

Sherina memulai belajar dengan mengawali dari ide besar. (Foto: instagram/@sherinasinna)

Saat memulai belajar, Sherina biasa untuk mengawali dari ide besar terlebih dahulu. Apabila ide besar itu sudah dia pahami, itu akan membuatnya lebih termotivasi untuk menggali informasi detail lebih jauh.

Selain lebih menarik lantaran membuat kamu penasaran, pembelajaran pun terasa lebih mudah. Sebab, apabila kamu sudah memahami dasar materi, mendalaminya tidak sulit.

Sherina biasanya menerapkan cara tersebut dengan membaca buku-buku populer. Lalu, bila dia tertarik dengan pembahasannya, dia akan belajar lewat textbook untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif.

Aktif berdiskusi dengan teman salah satu kunci belajar asyik. (Foto: pixabay/pexels)

Tips yang kedua yakni aktif berdiskusi. Sherina mengaku sangat beruntung memiliki teman yang asyik untuk diajak mengobrol. Kerap kali ketika mengobrol ada teman yang memberikan insights dari Buku A, pemikir B, atau mendapat pertanyaan-pertanyaan yang membuatnya mempertanyakan ulang pandangannya.

Diskusi bersama teman-teman seperti itulah yang membuat Sherina bisa belajar sekaligus menambah motivasi. Kamu bisa menerapkan tips dengan cara memunculkan obrolan tentang suatu isu atau materi pelajaran ketika berkumpul dengan teman-teman.

Bila melakukan hal itu, kamu dan teman-teman akan semakin terbiasa untuk melakukan diskusi. Dalam hal ini tidak hanya terbatas dengan teman saja, kamu pun dapat berdiskusi dengan adik, kakak, orang tua, bahkan warganet di media sosial.

Dengan berdiskusi, kamu tidak hanya bisa melatih kemampuan untuk berpikir kritis serta membangun argumen, tapi, kamu pun akan mendapat pandangan dari banyak perspektif. Sehingga, kamu akan terbiasa menerima pendapat orang lain.

Baca Juga:

Pembelajaran Tatap Muka Dimulai, Dokter Tekankan Pentingnya Prokes

Kemudian tips yang ketiga ialah baca sejarahnya. Di samping membaca pemikiran ilmuwan seperti Feynman, Hawking, Carl Sagan dan Sebagainya. Sherina suka membaca cerita tentang kehidupan ilmuwan-ilmuwan tersebut. Dengan begitu, ia mengetahui bahwa ada proses panjang di balik sebuah ide atau karya yang hebat. Jadi, saat belajar, Sherina bisa lebih menghargai pemikiran mereka dan lebih termotivasi untuk mempelajarinya.

Namun, tidak hanya dari cerita ilmuwan, kamu pun dapat mempelajari sejarah suatu rumus terbentuk. Seperti halnya tentang asal muasal sebuah rumus, atau apa hakikat ilmu pengetahuan serta esensi dari belajar. Hal tersebut akan membuatmu mengerti konsep materi. Jadi selain tak mudah dilupakan, pun akan membuatmu kaya akan pengetahuan.

Tips-tips tadi bisa kamu terapkan dalam belajar. Namun, setiap orang memiliki cara belajar masing-masing. Jangan patah semangat untuk mencoba cara belajar yang paling sesuai untukmu. (ryn)

Baca Juga:

Kenali Manfaat Self-esteem Bagi Perkembangan Anak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Viral, Boneka Rajut Bernie Sanders Terjual Ratusan Juta Rupiah
Fun
Viral, Boneka Rajut Bernie Sanders Terjual Ratusan Juta Rupiah

Entah karena pilihan pakaiannya yang jauh dari kata mewah atau posisi duduknya yang dianggap lucu, gambar tersebut langsung viral di media sosial.

Pekerjaan Rumah Kerap Menjadi 'Pekerjaan Sekolah' Saat Ngilmu di Negeri Aing
Hiburan & Gaya Hidup
Pekerjaan Rumah Kerap Menjadi 'Pekerjaan Sekolah' Saat Ngilmu di Negeri Aing

Banyak siswa di Negeri Aing yang kerap 'mengubah' pekerjaan rumah menjadi 'pekerjaan sekolah'

Nostalgia Nonton Bioskop Sebelum Pandemi, Sampai Rela Bolos!
Fun
Nostalgia Nonton Bioskop Sebelum Pandemi, Sampai Rela Bolos!

Aplikasi Cinema 21 di gawai juga wajib ada, biar enggak ketinggalan film-film terbaru apa saja yang tayang dan bisa membeli tiket secara online

Lagi, WhatsApp Jelaskan Soal Kebijakan Privasi Terbaru
Fun
Lagi, WhatsApp Jelaskan Soal Kebijakan Privasi Terbaru

Rencana menerapkan kebijakan privasi baru untuk aplikasi chatting ini sempat mendapat banyak kecaman.

Zodiak Paling Arogan dan Mementingkan Diri Sendiri
Fun
Zodiak Paling Arogan dan Mementingkan Diri Sendiri

Setiap orang layak diperhatikan dan diizinkan untuk bersinar.

Simak 4 Film Romantis dengan Ending Mengejutkan Berikut
Hiburan & Gaya Hidup
Simak 4 Film Romantis dengan Ending Mengejutkan Berikut

Netflix and Chill bersama pasangan bisa menjadi inspirasi kencan Valentine

4 Rekomendasi Film ‘Thriller’ Korea untuk Akhir Pekan
Fun
4 Rekomendasi Film ‘Thriller’ Korea untuk Akhir Pekan

Beberapa film thriller Korea ini siap temani akhir pekanmu.

Tele-Proctoring bagi Tenaga Kesehatan
Fun
Tele-Proctoring bagi Tenaga Kesehatan

COVID-19 mengharuskan seluruh masyarakat untuk tetap di rumah saja dan membatasi pergerakan serta aktivitas sehari – hari.

Bosan Minum Jus Jeruk? Ganti dengan Jus Tomat yang Tidak Kalah Menyehatkan
Fun