Tips Bedakan Barang Palsu atau Asli di Toko Online Berbelanjalah di toko online terpercaya.. (Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company)

BELANJA online sudah menjadi kebutuhan di era digital. Belanja online dinilai lebih praktis dan dengan harga bisa lebih murah.

Tapi, belanja online juga bukan tanpa banyak masalah. Misalnya untuk membedakan produk asli dan palsu yang cukup sulit hanya melihat gambar.

Berikut merahputih.com bikin tips-tips agar kamu terhindar dari barang palsu ketika berbelanja online. Tips-tips ini berdasarkan pengalam pribadi pembeli online, seperti dilansir iStyle;

1. Baca Review Produk yang Mau Dibeli

Belanja online. (Foto: Pixabay/HutchRock)
Biasakan membaca review produk. (Foto: Pixabay/HutchRock)

Baca review produk sudah jadi hal yang wajib sebelum membeli suatu produk. Dengan membaca review produk kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang produk tersebut, misalnya kelebihan dan kekurangannya, harganya, di mana membelinya, dan banyak informasi lainnya.

Dari review tersebut juga bisa diketahui apakah produk tersebut banyak beredar barang tiruannya atau tidak. Ini bisa mengingkatkan kewaspadaan kamu untuk hati-hati dalam membeli produk tersebut nantinya.

2. Jangan Percaya Harga Murah

Kamu harus lebih waspada kalau kita melihat produk yang harganya jauh di bawah harga standar pasaran. Biasanya para penjual produk palsu memanfaatkan orang-orang yang gampang tergiur dengan harga murah dan langsung membeli tanpa tahu kalau produk tersebut palsu.

Kamu juga bisa liat produk lainnya di toko online tersebut. Bisa jadi harga yang ditawarkan memang betul-betul murah karena toko tersebut distributor atau melayani grosir.

3. Perhatikan Review Toko dari Konsumen Lainnya

Belanja online. (Foto: Pixabay/RachelScottYoga)
Jangan tertipu harga murah. (Foto: Pixabay/RachelScottYoga)

Sekarang ini hampir semua e-commerce sudah ada fitur review dan para konsumen secara sukarela menulis review mengenai pendapat mereka tentang produk tersebut. Pilihlah produk atau toko online yang memiliki review positif dari konsumen lain.

4. Hanya Belanja di Toko Online yang Terpercaya

Tips terakhir untuk terhindar dari produk palsu adalah dengan berbelanja online hanya di toko online yang terpercaya. Sekarang ini sudah banyak e-commerce yang memiliki fitur official store atau seller yang terpercaya sehingga memudahkan para konsumen untuk memilih seller yang produknya benar-benar original. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Nih Alasan Pria Kenapa Wajib Punya Jaket Jeans

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH