Tips Atasi Sakit Tenggorokan Saat Berpuasa

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Senin, 13 Juni 2016
Tips Atasi Sakit Tenggorokan Saat Berpuasa
Ilustrasi sakit tenggorokan (Foto: Pinterest)

MerahPutih Kesehatan - Saat berpuasa asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh pastinya akan berkurang.

Kurangnya kita mengkonsumsi makanan dan minuman saat berpuasa akan membuat tubuh kita kekurangan cairan, hal itu dapat menimbulakn beberapa masalah pada bagian mulut seperti Bau Mulut atau sariawan.

Selain itu, kurangnya cairan yang masuk dalam tubuh akan membuat kita rentan mengalami sakit tenggorokan ketika menjalani puasa.

Berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan saat berpuasa.

1. Berkumur dengan air garam

Cobalah untuk meminum air hangat terlebih dahulu saat berbuka dan makan sahur. Kemudian berkumurlah dengan air garam yang hangat.

Anda bisa campurkan sesendok teh garam dan satu gelas air hangat. Namun bila rasa asin terasa sangat mengganggu, cobalah untuk menambahkan sedikit madu, kemudian berkumurlah.

Beberapa studi juga mengemukakan bahwa berkumur beberapa kali dengan air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan membantu meredakan iritasi karena bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan.

2. Minum obat batuk

Meski tidak sedang batuk, namun minum obat batuk kering bisa membantu meredakan rasa sakit pada bagian tenggorokan. Cara ini juga ampuh untuk mencegah sakit batuk yang dapat ditimbulkan karena karena sakit tenggorokan yang kering.

Disarankan lebih Anda mengonsumsi obat batuk setelah berbuka, karena hal tersebut akan membuat tubuh Anda lebih cepat untuk beristirahat dan tidak disarankan ketika sahur, karena rasa ngantuk yang ditimbulkan obat batuk akan mengganggu aktivitas Anda.

3. Hindari mengkonsumsi gorengan

Gorengan merupakan musuh utama saat sakit tenggorokan, karena itu kurangi atau berhenti makan makanan yang digoreng meskipun anda tidak dapat menahannya. Sebaliknya, perbanyaklah untuk minum air terutama air hangat saat buka, sahur dan malam hari.

4. Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan pengganti cairan tubuh yang paling tepat juga bisa membantu mengurangi iritasi berlebih pada tenggorokan yang sakit.

BACA JUGA:

  1. 3 Cara Alami Atasi Masalah Sariawan Saat Puasa
  2. Tips Hindari Masalah Bau Mulut Saat Puasa
  3. Tips Tetap Tampil Cantik Saat Berpuasa
  4. Tips Jalani Diet Sehat Sambil Bepuasa
  5. Tips Jitu Anti Ngantuk Saat Salat Tarawih
#Bulan Ramadan #Tips Ramadan #Sakit Tenggorokan
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan