Tips Anti-Gagal Jalin Asmara Lewat Aplikasi Kencan Online

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 12 Februari 2022
Tips Anti-Gagal Jalin Asmara Lewat Aplikasi Kencan Online
Tinder menjadi salah satu aplikasi kencan populer. (Foto: Unsplash/Yogas Design)

THE Tinder Swindler tayang di Netflix mengajarkan arti penting bijak mencari pasangan lewat aplikasi kecan daring. Film dokumenter garapan Felicity Morris tersebut memperlihatkan secara gamblang tipu muslihat Simon Leviev menjebak para perempuan dengan citra diri kaya raya. Setelah para perempuan terpedaya, lelaki mengaku sebagai anak jutawan Lev Leviev tersebut kemudian mengarang cerita sedang tertimpa musibah sehingga butuh dana besar. Para perempuan tersebut akhirnya sudi mengirim sejumlah uang. Tentu saja, setelahnya Simon Leviev menghilang.

Bukan saja harus hati-hati terhadap penipu selaik Simon Leviev. Para pencari asmara lewat aplikasi kencan daring perlu pula mengerti segala manner pada tiap akselerasi ketika memulai berhubungan dengan orang baru. Tak semua orang di aplikasi kencan daring punya tujuan sama. Tentu tak cocok orang ingin casual dating dengan serius menjalin asmara ke jenjang pernikahan.

Sebanyak 62 persen dari 640 jomlo di Indonesia, menurut survei Lunch Actually, merasa orang ditemui di aplikasi kencan daring tidak serius dan hanya ingin bersenang-senang. Sementara, 42 persen dari mereka mengaku bertemu lebih banyak penipu, dan 35 persen hanya mencari perhatian demi meningkatkan ego mereka.

Survei aplikasi kencan daring berbasis di Singapura bertajuk Annual Dating Survey 2021 tersebut memperlihatkan 98 persen jomlo di Indonesia ingin memiliki hubungan serius, namun 24 persen di antaranya mengaku pandemi jadi penghalang bagi mereka untuk menjalin asmara.

Meski begitu, di antara para jomlo muncul perasaan saling ingin kebersamaan. Survei tersebut menaja 43 persen jomlo telah disurvei ingin memiliki rasa kebersamaan dan mengetahui ada jomlo lain di dalam perjalana bersua teman kencan di aplikasi kencan daring.

Pandemi membuat orang akhirnya lebih terhubung di dunia maya. Begitu pula aktivitas kencan daring semakin menggeliat. Namun, ada beberapa langkah tepat agar perjalanan menemukan pasangan berjalan lancar di aplikasi kencan dari. Berdasarkan riset The Future of Dating is Fluid dari Tinder, berikut lima tips agar hubungan berhasil lewat aplikasi kencan.

Baca juga:

Apakah Mungkin Melanjutkan Bisnis Bersama Mantan Kekasih

1. Jujur di awal itu penting

Tips agar Hubungan Berhasil Lewat Aplikasi Kencan Online
Jujur dan apa adanya. (Foto: Unsplash/Thái An)

Pandemi membantu seseorang membuat perspektif lebih jelas. Hal tersebut membuat pengguna Tinder menjadi lebih jujur dan terbuka dengan siapa mereka, bagaimana penampilan mereka, dan apa keinginannya. Inti dalam mencari pasangan di aplikasi kencan soal kejujuran.

Setiap pengguna Tinder punya tujuan berbeda-beda dalam mencari pasangan. Ada ingin benar-benar serius sampai menikah atau hanya jangka pendek saja. Jika kamu menemukan calon pasangan satu frekuensi, ada kemungkinan hubungan berhasil.

Belajar dari film dokumenter The Tinder Swindler, kamu juga harus bersikap apa adanya. Tak perlu mengumbar sesuatu bukan dirimu. Jadi, tetap jujur dan apa adanya.

2. Menetapkan batasan

Tips agar Hubungan Berhasil Lewat Aplikasi Kencan Online
Batasan itu jadi pedoman penting. (Foto: Unsplash/Matt W Newman)

Ketika kamu baru mengenal atau bertemu seseorang, sebaiknya menetapkan batasan-batasan agar lebih aman. Batasan jadi aturan atau pedoman untuk orang lain dalam menunjukkan cara memperlakukanmu.

Hubungan dengan pasangan akan berjalan baik jika kamu mengetahui apa harapan dan kebutuhanmu sendiri. Kamu bisa memberi ruang untuk dirimu sendiri dengan membuat batasan jelas dan konsisten. Batasan tersebut bisa sebatas topik pembicaraan apa kira-kira tidak perlu dibahas.

3. Beri kesan terbaik saat kencan pertama

Tips agar Hubungan Berhasil Lewat Aplikasi Kencan Online
Impresi pertama itu penting. (Foto: Unsplash/Shardar Tarikul Islam)

Di 2020, 19 persen percakapan meningkat di Tinder dengan tujuan mengenal lebih dalam sebelum bertemu secara langsung. Ketika kencan kali pertama, berikan impresi terbaik dari dirimu, mulai dari cara berpakaian, datang tepat waktu, masalah pembayaran makanan, tata krama, hingga perlakuanmu terhadapnya. Jika kencan pertama berhasil, ada kemungkinan pasangan merasa nyaman dan lanjut ke tahap berikutnya.

Baca juga:

5 Pelajaran Penting 'The Tinder Swindler' Biar Tidak Terjebak Cinta Semu

4. Sentuhan itu penting

Tips agar Hubungan Berhasil Lewat Aplikasi Kencan Online
Sentuhan fisik akan memainkan peran yang lebih penting. (Foto: Unsplash/René Ranisch)

Dampak pandemi membuat kurangnya sentuhan karena jaga jarak dan tetap di rumah. Para pengguna Tinder justru menggunakan bio mereka untuk mencari kasih sayang seperti berpegangan tangan hingga berpelukan.

Saat mengalami bertahun-tahun tanpa sentuhan fisik, mereka akan sangat menghargai setiap momen ketika kamu bertemu secara langsung dan memberikan sentuhan. Pertemuan mungkin menjadi hal biasa, tapi sentuhan fisik kecil akan memainkan peran lebih penting.

Meski begitu, jangan asal selonong. Mulai sentuhan dengan persetujuannya. Ruang aman bagi teman kencan juga perlu agar tercipta suasana hangat. Bukan sebaliknya.

5. Jadi diri sendiri

Tips agar Hubungan Berhasil Lewat Aplikasi Kencan Online
Jadilah diri sendiri. (Foto: Unsplash/Taylor Smith)

Sebelum mencari pasangan, penting untuk meyakinkan dirimu untuk menjadi diri sendiri. Kamu dapat mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan dimliiki, sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Jika kamu sudah memahami diri sendiri dengan baik, tanpa diduga hati akan terbuka, dan pada akhirnya akan bertemu dengan pasangan hidup. (and)

Baca juga:

Waspada Ransomware Jangan Gampang Tergiur Cuan Instan Dunia Maya

#Februari +62 Bicara Cuan Love #Teknologi #Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan