Kena Banjir, ini Tips Jitu Selamatkan Alat Elektronik Tips Menyelamatkan Elektronik Setelah Terkena Banjir (Foto: pixabay/thedigitalartist)

BANJIR melanda sejumlah kawasan Tangerang Kota dan Tangerang Selatan, Jumat (15/7) malam. Hujan deras yang turun selama beberapa jam, serta hujan ringan yang terjadi hingga Sabtu (16/7) dini hari membuat genangan air dan banjir di beberapa tempat.

Akibat banjir, banyak peralatan rumah tangga hingga elektronik seperti pendingin ruangan, kulkas, oven, mesin cuci, TV, komputer, printer, hingga laptop rusak karena tidak sempat dipindahkan saat banjir.

Baca Juga:

Perusahaan Jepang Ciptakan Rumah Terapung Tahan Banjir

Alat-alat elektronik yang kena banjir ternyata masih bisa kamu selamatkan. Ada cara yang tepat untuk memberikan pertolongan pertama pada peralatan elektronik yang terendam air.

Peralatan rumah tangga yang banyak menjadi korban banjir ialah kompor. Untuk langkah pertama, lepaskan kompor dari gas dan buka penutup kompor agar insulasi bisa cepat mengering. Biarkan insulasi mengering sebelum menyalakan kompor.

Ada beberapa barang elektronik yang masih bisa terselamatkan setelah terkena banjir.(Foto: Pixabay/j_lloa)

Apabila kenop kompor rheostat basah kamu harus menggantinya. Perhatikan juga permukaan interior kompor, sebaiknya dibersihkan dengan disinfeksi. Disarankan menyalakan kompor untuk membasmi bakteri dan menghilangkan kelembapan di dalam kompor.

Namun, apabila kamu kurang begitu mengerti atau merasa ragu, disarankan untuk memanggil teknisi untuk memeriksa kondisi kompor. Biasanya teknisi menyarankan apakah kompor tersebut masih bisa digunakan, atau lebih baik membeli kompor baru.

Peralatan rumah tangga lainnya kerap rusak saat banjir, yakni kulkas. Apabila kulkas kamu terendam banjir, hanya pada bagian kaki-kaki kulkas. Kamu bisa memeriksa sistem pendingin kompresor di bagian bawah dan belakang kulkas.

Kamu harus memastikan bahwa sistem itu tersegel dalam kondisi yang baik. Namun, disarankan memeriksa semua kontrol listrik, termasuk termostat, kunci pengaman, dan penghitung waktu pencairan es.

Tapi, apabila kulkas terendam air seluruhnya, kemungkinan besar kamu perlu mengganti kulkas. Karena, insulasi bisa basah bila kulkas tenggelam dalam air. Isulasi itu sulit diperbaiki tanpa membuka rak-rak pada kulkas.

Insulasi pun akan mengering dengan lambat akibat dinding di kulkas dingin ketika alat menyala. Pemanas Mullion di beberapa kulkas untuk menghilangkan kondensasi pun menjadi masalah, karena bisa mengakibatkan sengatan listrik.

Selain itu, pengeringan yang lambat dari insulasi pada kulkas, bisa membentuk pertumbuhan bakteri di dalamnya karena rendaman air.

Baca Juga:

Deretan Teknologi Anti Banjir di Sejumlah Negara

Jangan langsung panik dan sedih, karena beberapa peralatan elektronik masih bisa diselamatkan (foto: Pixabay/trilemedia)

Selanjutnya, peralatan yang menjadi 'korban banjir' ialah mesin cuci. Seperti halnya peralatan lainnya, kamu terlebih dahulu harus membersihkan mesin cuci dan pengering dengan disinfektan. Selanjutnya, panggil teknisi untuk memeriksa seluruh sambungan listrik pada mesin cuci dan pengering. Namun perlu diingat, pastikan mesin cuci tidak terhubung dengan listrik, untuk menghindari sengatan listrik.

Kemudian, peralatan yang rentan rusak karena banjir selanjutnya yakni perabotan perangkat elentronik. Seperti setrika, oven, televisi, pengering rambut, komputer, dan sebagainya.

Untuk sejumlah perangkat tersebut, kamu jangan langsung pasrah dan bersedih. Periksalah dengan cermat alat-alat tersebut. Karena, beberapa kasus peralatan elektronik masih bisa digunakan dengan mengeringkan seluruh bagian. Perlu juga diingat, jangan gunakan alat elektronik apabila belum benar-benar kering. Berikan jeda waktu pengeringan yang lama sebelum dinyalakan. (Ryn)

Baca Juga:

Daripada Rebahan Mending Olahraga di Musim Hujan

Jalapeno, Cabai Meksiko yang Tidak Pedas
Fun
Tahap Berduka yang Dilalui Seseorang
Fun
Jalapeno, Cabai Meksiko yang Tidak Pedas
Fun
Tahap Berduka yang Dilalui Seseorang
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jake Gyllenhaal akan Bintangi Film Pencurian Kapal 'Cut and Run'
ShowBiz
Manfaat Antioksidan Kuersetin pada Kulit Bawang Merah
Fun
Manfaat Antioksidan Kuersetin pada Kulit Bawang Merah

Manfaat kandungan kuersetin pada kulit bawang merah.

Keamanan Aplikasi Pihak Ketiga Mobil Terkoneksi Tidak Terjamin
Fun
Keamanan Aplikasi Pihak Ketiga Mobil Terkoneksi Tidak Terjamin

Aplikasi ponsel dari pihak ketiga mobil terkoneksi dikabarkan rentan mengalami pencurian data

Kredit Motor Macet? Ini Cara Agar Tidak Ditarik Leasing
Hiburan & Gaya Hidup
Kredit Motor Macet? Ini Cara Agar Tidak Ditarik Leasing

PT Federal International Finance (FIF) memberikan solusi bagi kreditur yang tunggakannya macet. Hal itu dikarenakan maraknya kasus penarikan motor di jalan oleh debt collector.

Makanan Terbaik Untuk Pertumbuhan Rambut Lebih Cepat
Fun
Webtoon Karya Anak Bangsa Diangkat Menjadi Film
Fun
Webtoon Karya Anak Bangsa Diangkat Menjadi Film

Webtoon karya anak bangsa yang menghibur penikmat film Indonesia.

Nuansa Tradisional dan Klasik di Koleksi Terbaru Adidas
Fashion
Nuansa Tradisional dan Klasik di Koleksi Terbaru Adidas

Dirangkum dalam judul Never Change Your Stripes.

HBO Siap Rilis Drama Dokumenter LA Lakers
ShowBiz
HBO Siap Rilis Drama Dokumenter LA Lakers

Serial Winning Time: The Rise of the Lakers Dynasty segera tayang di HBO.

Beralih ke Terapi EMDR untuk Kesehatan Mental
Fun
Beralih ke Terapi EMDR untuk Kesehatan Mental

Membantu mengurangi gejala seperti kemarahan, takut, mimpi buruk, trauma, dan sebagainya.

Pria, Jangan Salah Memadukan Warna Sepatu dan Pakaian
Fashion
Pria, Jangan Salah Memadukan Warna Sepatu dan Pakaian

Jangan sembarangan memadukan pakaian