Kesehatan Mental

Cara Mudah Enyahkan Overthinking

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 24 Agustus 2021
Cara Mudah Enyahkan Overthinking
Kenali cara ampuh mengatasi overthinking (Foto: pixabay/danatentis)

BERPIKIR berlebihan dapat memberikan efek yang tidak baik bagi seseorang. Hal itu diungkapkan oleh Psikolog Prita Yulia Maharani, M.Psi.

Menurut Prita, banyak orang yang suka overthinking, tapi mereka tidak menyadari hal itu merupakan sebuah kebiasaan yang kurang baik.

Baca juga:

Pentingnya Bangun Pagi Untuk Kesehatan Mental

"Banyak orang yang menganggap overthinking merupakan kebiasaan baik yang bertujuan berhati-hati sebelum mengambil keputusan, padahal, terlalu sering berpikir berlebihan terutama untuk hal sepele bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan," ujar Prita, dikutip ANTARA.

Prita menambahkan, lama-kelamaan overthinking juga akan mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti menjadi susah tidur lantaran terus memikirkan suatu hal.

Bila kamu merasa pikiran kamu terlalu penat dan hati tidak tenang karena terus overthinking, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Kenali beberapa cara mengatasi overthinking. (Foto: pixabay/bep)

Cara yang pertama yakni berjalan kaki. Berjalan kaki selama 10 menit bisa membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang.

Ketika berjalan kaki, kamu akan fokus pada proses berjalan kaki, menghirup dan mengeluarkan napas, suara alam, serta pemandangan yang kamu lihat. Dengan begitu, pikran buruk akan berubah menjadi fokus sensasi alam di sekitarmu.

Baca Juga:

Mengenal 'Zoom Fatigue' dan Bahayanya bagi Kesehatan Mental

Kedua yakni melakukan meditasi. Melakukan meditasi terbukti bisa membuat suasana hati dan pikiranmu menjadi lebih tenang. Ada beberapa jenis yang bisa kamu coba, yang paling mudah dan sederhana yakni meditasi pernapasan.

Cara yang ketiga yakni mendengarkan musik. Mendengarkan musik yang santai dan tenang, bisa membantu kamu merasa lebih tenang.

Membaca buku, salah satu solusi mengatasi overthinking.(Foto: pixabay/silviarita)

Pilihlah jenis musik yang sesuai dengan seleramu. Jangan mendengarkan musik yang galau atau mengandung unsur lirik yang sedih. Hal itu dapat membuat kamu semakin kepikiran.

Cara yang keempat yaitu membaca buku. Dengan membaca buku, kamu bisa menenangkan hati dan pikiran. Namun, kamu perlu memerhatikan jenis bacaan yang akan kamu baca.

Jangan pilih membaca berita atau informasi yang 'berat' hingga membuatmu berpikir secara mendalam. Hal itu bisa memicu perasaan sedih dan cemas.

Pilihlah bacaan yang ringan dan menyenangkan, seperti membaca komik, novel, atau buku bacaan lain yang kamu suka. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Membedakan Rasa Sedih Biasa dan Gangguan Mental

#Kesehatan #Kesehatan Mental #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan