Tips Ampuh Memaksimalkan Google Play Store Maksimalkan penggunaan Google Play Store dengan baik (foto: Pixabay/Juralmin)

GOOGLE Play Store merupakan penyedia aplikasi seluler terbesar di dunia. Toko aplikasi default untuk hampir semua perangkat Android.

Meskipun demikian terkadang sulit untuk menemukan apa yang dicari.


1. Cara Menemukan Semua Aplikasi dari Developer

Pastikan tak ada spasi saat search nama developer aplikasi (Foto: miui)

Jika kamu ingin melacak semua aplikasi baru yang diterbitkan oleh pengembang tertentu, opertator pencarian sederhana dapat menghemat waktu. Caranya cukup dengan mengetik teks yang kamu inginkan kedalam kolom pencarian di Google Play Store untuk menemukan aplikasi yang diterbitkan oleh developer. Dalam hal ini tentu kamu harus mengganti bagian "nama developer" dengan nama developer yang sebenarnya. Selain itu kamu juga harus memastikan tidak ada spasi pada nama.

2. Cara mencari Nama Aplikasi yang Tepat

Pilih Barisan teratas yang telah direkomendasikan (Foto: miui)

Salah satu masalah terbesar menemukan aplikasi di Google Play Store ialah banyak aplikasi yang memiliki nama sangat mirip. Misalnya ketika kamu mencari nama aplikasi umum seperti Call Confirm, kamu akan mendapatkan hasil yang diisi dengan banyak aplikasi call confirm yang berbeda, namun tak banyak yang benar-benar disebut 'Call Confirm'. Namun biasanya Google Play Store akan memberikan prioritas pada aplikasi dengan nama yang mirip.


3. Cara Menonaktifkan Aplikasi Pembaruan Otomatis di Play Store

Matikan auto update (Foto: miui)

Ini merupakan pengaturan default, yaitu untuk memastikan jika semua aplikasi yang terinstal diperbarui secara otomatis tanpa memerlukan interaksi apapun dari kamu. Namun jika ada aplikasi yang tak ingin kamu perbarui secara otomatis kamu tak perlu menonaktifkan fitur pembaruan otomatis untuk semua aplikasi. Caranya, kamu cukup membuka halaman aplikasi Play Store, lalu tekan tombol menu tiga titik di bagian atas layar dan nonaktifkan opsi pembaruan otomatis. Jadi seluruh aplikasi khusus hanya akan diperbarui saat kamu menekan tombol perbarui secara manual, namun untuk aplikasi lain akan terus diperbarui secara otomatis


4. Cara Mendapatkan Pembaruan untuk Aplikasi Playstore

Cek Build Version (foto: miui)

Tips berikut ini akan sangat membantu jika kamu kamu memiliki ROM terbatas, karena versi aplikasi Play Store yang datang bersama dengan ini umumnya ketinggalan zaman bahkan sebelum kamu menginstal ROM. Saat ini terjadi, kamu biasanya terpaksa menunggu pembaruan dan dapat memakan waktu berhari-hari. Jadi jika kamu ingin memastikan kamu menjalankan versi terbaru dari aplikasi Play Store, mulailah dengan menuju "Pengaturan" pada menu navigasi samping. Dari sana, scroll ke bawah dan tekan tombol 'Build Version' lalu semua pembaruan yang tersedia akan diunduh dan dipasang segera.


5. Cara menyimpan Lagu, Musik, Film atau Aplikasi yang Kamu Inginkan

Gunakan fitur wishlist (Foto: miui)

Cara menyimpan aplikasi yang kamu inginkan bisa dengan mengisi daftar keinginan kamu. Tak hanya untuk aplikasi saja tapi kamu juga bisa membeli film, musik, buku, dan aplikasi dari toko. Bahkan jika kamu ta tertarik untuk membeli salinan digital, Play Store juga memiliki fitur daftar harapan yang berguna di setiap halaman. Jika kamu menemukan sesuatu yang kamu minati, atau ingin menyimpannya untuk nanti, ketuk ikon Wishlist kemudian kamu akan menemukan apa yang kamu simpan dengan membuka panel navigasi di sebelah kiri Play Store dan memilih Daftar Keinginan atau Wishlist. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Begini Caranya Melihat Chat WhatsApp yang Telah Dihapus

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH