Kesehatan
Tips Ampuh Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut saat Berpuasa Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulu saat berpuasa (Foto: pixabay/geralt)

SAAT berpuasa, salah satu hal yang sangat dikhawatirkan banyak orang yaitu kebersihan gigi dan mulut. Karena itu, selama Ramadan menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting guna menghindari efek samping pada kesehatan. Dari mulai dehidrasi, mulut kering, hingga gangguan pencernaan.

Hal tersebut dipaparkan oleh dokter Ebadullah Shafi, kepala klinis Tajmeel Dental Centre Dubai. Menurutnya, masalah pada gigi dan mulut bisa muncul saat Ramadan.

Baca Juga:

Meski Gorengan Paling Dirindukan, Dokter Sarankan Awali Buka Puasa Minum Air Putih

"Karena puasa berjam-jam, produksi asam berlebih saat perut kosong serta pilihan makan makanan manis dan berminyak selama sahur dan buka puasa, ketidakseimbangan flora di dalam rongga mulut sangat mungkin terjadi," jelas Shafi, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit. (Foto: pixabay/slavowjuboski)

Shafi menuturkan kondisi itu bisa menyebabkan mulut kering, bau mulut, penumpukan plak, hingga memicu kerusakan gigi jangka panjang.

Mengenai kesehatan gigi dan mulut di bulan Ramadan, Asosiasi Dental Amerika (ADA) merekomendasikan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit menggunakan sikat gigi yang lembut. Kebiasaan tersebut juga disarankan untuk dilakukan selama Ramadan.

Sementara itu, Asisten profesor divisi Ortodontik dari Imam Abdulrahman Bin Faisal University (IAU), Dr Suliman Shahin menjelaskan hal yang paling penting ialah memastikan menyikat gigi setelah makan sahur dan berbuka puasa. Hal itu guna membantu meminimalkan penumpukan plak atau lapisan lengket yang berubah menjadi karang gigi jika tidak dibersihkan.

"Menyikat gigi tidak memungkinkan plak berubah menjadi karang gigi dan dengan demikian mencegah kerusakan pada gigi. Selama Ramadan, karena orang-orang akan tanpa makanan dan air selama hampir 14-15 jam, mereka harus menyikat gigi setelah sahur dan berbuka puasa," tutur Shafi.

Baca Juga:

Pentingnya Membeli Produk Lokal Selama Ramadan

Kemudian, selain menyikat gigi dengan teratur, tips menjaga kebersihan gigi dan mulut yakni pilihlah sikat gigi berbulu lembut, atau sikat gigi herbal alami, seperti ranting siwak yang direkomendasikan ulama dan WHO.

"Itu karena siwak memiliki sifat antibakteri yang mencegah pembentukan plak dan melindungi gigi dari kerusakan email yang dapat disebabkan oleh menyikat gigi secara berlebihan dengan sikat berbulu keras," Jelas dokter Sahin

Tips selanjutnya yakni sikat, flossing, dan bilas. Dokter merekomendasikan untuk membudayakan kebiasaan membersihkan gigi dengan benang (flossing) secara teratur. Flossing dilakukan guna mencegah pertumbuhan bakteri di celah antara gigi tempat makanan bersarang.

dalam memilih makanan manis sebaiknya hanya dalam porsi kecil setelah hidangan utama. (Foto: pixabay/alexandra85foto)

Kemudian, jangan lupa membilas mulut dengan obat kumur berbasis chlorohexidine. Kandungan tersebut bisa mencegah segala jenis bakteri menumpuk, hingga meningkatkan kebersihan mulut yang baik.

Tips keempat, hindari pilihan makanan yang buruk. Shahin mengatakan penting bagi setiap orang untuk mengurangi kebiasaan untuk memilih makanan tinggi gula, seperti halnya jus buah buatan, dan makanan penutup tinggi gula.

Menurutnya, dalam memilih makanan manis sebaiknya hanya dalam porsi kecil setelah hidangan utama. Hal itu berguna untuk meminimalkan penumpukan asam yang cepat pada gigi, dan kerusakan gigi selanjutnya.

Selain kebersihan gigi, mulut kering dan bau mulut juga patut dihindari. Caranya, dengan memberikan perhatian khusus mulai dari sikat gigi, flossing setelah makan, dan menggunakan obat kumur ber-fluoride. Kemudian membilas mulut selama berwudu pun sangat membantu untuk mencegah mulut kering, dan berkembangbiaknya bakteri yang mengakibatkan kerusakan gigi. (ryn)

Baca Juga:

Waspadai Phishing Berkedok Promosi Belanja Jelang Ramadan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Karya Pramoedya Ananta Toer akan Selalu Dikenang
Fun
Karya Pramoedya Ananta Toer akan Selalu Dikenang

Pramoedya Ananta Toer perjuangannya melalui karya-karya sastra.

Relik Cawan Suci Perjamuan Terakhir Dipercaya Ada di Katedral Valencia Spanyol
Fun
Relik Cawan Suci Perjamuan Terakhir Dipercaya Ada di Katedral Valencia Spanyol

Cawan itu juga menjadi salah satu sumber terbesar mitos dan misteri.

Kampanye 9.9 Super Shopping Day Makin Memudahkan Belanja Daring
Fun
Kampanye 9.9 Super Shopping Day Makin Memudahkan Belanja Daring

Banyak penawaran menarik dari Super Shopping Day.

Ide Hadiah Lebaran Ala Dinda Hauw
ShowBiz
Ide Hadiah Lebaran Ala Dinda Hauw

Dinda Hauw memberikan rekomendasi hadiah lebaran yang menarik.

Penanganan Tepat  saat Mengalami Long COVID-19
Hiburan & Gaya Hidup
Penanganan Tepat saat Mengalami Long COVID-19

Bisa berupa sesak napas, nyeri sendi, nyeri otot, batuk, diare, kehilangan penciuman, hingga kehilangan pengecapan.

'The Batman' akan Miliki Lagu Tema Baru
ShowBiz
'The Batman' akan Miliki Lagu Tema Baru

Bocoran lagu tema The Batman dibagikan bertepatan dengan Batman Day.

Pemuda Pejuang Mimpi Berhasil Jadi Pelancong Mandiri
Fun
Kanye West Tengah Menggarap 'DONDA 2'
ShowBiz
Kanye West Tengah Menggarap 'DONDA 2'

Kabarnya DONDA 2akan menjadi sekuel untuk album sebelumnya.

Keamanan Jaringan Mudahkan Para Pekerja Hybrid
Fun
Keamanan Jaringan Mudahkan Para Pekerja Hybrid

Para pekerja hybrid bisa tetap aman dan produktif dalam bekerja.

'Gran Turismo' X Dior Hadirkan Fashion Item Spesial
Fun
'Gran Turismo' X Dior Hadirkan Fashion Item Spesial

Kolaborasi ini diumumkan pada GT World Series Showdown.