Tips Ampuh Detoks Media Sosial Kenali tips detoks media sosial (Foto: unsplash/robin_rednine)

MEDIA sosial memberikan sejumlah dampak positif, seperti halnya orang-orang jadi lebih mudah terhubung. Tapi, disisi lain, media sosial pun bisa memberi tekanan pada hidup.

Sejumlah orang pun ada kemungkinan bertindak berlebihan, agar konten yang diunggah terlihat menarik di media sosial, atau punya kebiasaan buruk di media sosial.

Baca Juga:

Cara Move On Dari Kecanduan Media Sosial, Nomor 3 Solusi Terbaik!

Melihat hal tersebut, perusahaan keamanan siber Kaspersky memberikan sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk rehat sejenak dari media sosial.

Ada beberapa cara untuk detoks media sosial (Foto: pixabay/pexels)

Seperti yang dilansir dari laman Antara, tips yang pertama yakni kurangi paparan konten. Hal ini bisa kamu lakukan dengan berhenti mengikuti atau unfollow siapa pun, yang kamu rasa tidak mendapat manfaat dari konten yang diunggah.Apabila kamu merasa tidak enak, gunakan fitur membisukan atau mute akun-akun tersebut.

Tips yang kedua yaitu kontak reguler. Media sosial biasanya tak sekadar melihat konten semata, tapi juga dapat menjadi tempat berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

Berkomunikasi dengan berbagai platform, tentu dapat menghabiskan waktu, karena harus mengecek setiap aplikasi. Agar lebih efisien, gunakankan satu atau dua platform saja untuk berkomunikasi.

Dengan begitu, waktu yang kamu butuhkan untuk memeriksa platform lain akan berkurang, dan tentunya kamu tidak akan terlewat pesan-pesan penting.

Pentingnya rehat sejenak dari media sosial (Foto: pexels/fancycrave)

Tips Ketiga yakni menata notifikasi. Kendati telah menyembunyikan aplikasi media sosial, rasa ingin mengecek bisa timbul lagi saat melihat notifimasi. Karena itu, cobalah untuk mematikan notifikasi, agar tidak terpikir untuk membuka media sosial.

Baca Juga:

Ketergantungan Media Sosial Menimbulkan Sindrom FOMO

Tips keempat yaitu mengatur waktu. Saat ini banyak aplikasi yang sudah menyediakan fitur mengatur waktu bermain media sosial. Kabar baiknya, aplikasi tersebut tidak perlu diunduh, karena secara otomatis sudah tersedia pada sistem operasi Android dan iOS.

Aplikasi tersebut bernama ScreenTime atau durasi waktu di perangkat iOS, dan Digital Wellbeing di Android. Atur durasi mengakses media sosial pada waktu tertentu, dengan fitur tersebut.

Tips kelima yakni istirahat dari internet. Saat memulai sesuatu yang baru hal yang penting dan tersulit yakni membangun sebuah kebiasaan baru. Buatlah resolusi apabila kamu ingin detoks media sosial. Seperti halnya satu minggu tidak membuka media sosial. Selagi tidak mengakses media sosial, kamu bisa merencanakan kegiatan lain, yang tiak melibatkan internet. (Ryn)

Baca juga:

Yuk Sembuh dari Ketergantungan Media Sosial Biar 'Sane'

Kanal