Tips Ampuh Belanja Nyaman dan Efisien di Supermarket Ingin belanja nyaman di supermarket ada tips dan triknya (Foto: Pixabay/Elasticcomputefarm)

KETIKA berbelanja di supermarket, terkadang seseorang membelibarang yang tak seharusnya dibeli. Bahkan karena bujet yang tak cukup, barang-barang yang lebih penting kerap diacuhkan.

Hal itu bisa terjadi karena adanya diskon besar-besaran. Padahal jika kamu membeli barang yang tak dibutuhkan, maka pengeluaran kamu akan bertambah. Untuk itu, agar kamu efisien saat berbelanja di supermarket dibutuhkan beberapa tips ampuhnya seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Catat Daftar Belanja

Sebelum belanja kamu harus membuat daftar belanjaan (Foto: Pixabay/geralt)

Pertama-tama kamu harus mencatat daftar belanja yang ingin kamu beli. Hal ini sangat berguna untuk kamu mendapat gambaran perkiraan dana pengeluaran. Jadi tak perlu lagi memilih-milih barang yang akan kamu beli dan bisa menghemat waktu.

2. Jangan Ke Supermarket pada Akhir Pekan

Hindari akhir pekan karena pasti supermarket dipadati pengunjung (Foto: Pixabay/el_davad)

Sebaiknya kamu belanja pada weekdays. Karena jika akhir pekan kamu akan tak begitu leluasa untuk berbelanja karena pastinya akan sangat padat. Belum lagi harus menghadapi antrean panjang di kasir, tentunya akan membuat kamu sangat lelah dan tak nyaman berbelanja.

3. Manfaatkan Promo atau Diskon

Manfaatkan diskon tapi harus liat juga kualitas barangnya (Foto: Pixabay/itkannan4u)

Biasanya setiap bulan sebuah supermartket mempunyai penawaran menarik dengan berbagai promo. Hal itu tentunya akan membuat kamu bisa lebih berhemat, tapi yang perlu di catat ialah pastikan jika kualitas barang tersebut bagus dan juga memang sangat dibutuhkan. Karena biasanya barang yang diskon kualitasnya telah menurun atau akan habis masa expired.

4. Fokus pada rak barang yang dibutuhkan

Fokus pada rak yang terdapat barang-barang di list belanja kamu (Foto: Pixabay/ccipeggy)

Sebaiknya kamu fokus pada rak yang terdapat barang-barang yang kamu butuhkan, karena jika melihat rak lainnya, kamu pasti akan tergoda membeli barang-barang lain yang dapat menjadikan pengeluaranmu membengkak. Jadi sebaiknya fokus pada daftar barang belanjaan kamu saja.


5. Pilih Buah dan Sayur yang sedang musim

Belilah buah atau sayuran disaat musimnya (Foto: Pixabay/mcstudio79)

Dalam membeli buah ataupun sayur, sebaiknya kamu pilih yang tengah musim, karena buah dan sayur segar yang sedang musim biasanya tersedia sangat banyak. Tentunya harganya pun pasti lebih murah ketimbang buah yang sedang langka atau tak musim. Dengan demikian kamu dapat menghemat pengeluaranmu untuk kebutuhan sehari-hari.

6. Cek Barang Sebelum Menuju Kasir

Cek kembali barang belanjaan kamu sebelum menuju kasir untuk membayar (Foto: Pixabay/alexas_fotos)

Setelah kamu rasa barang-barang yang akan dibeli telah lengkap semua. Sebaiknya kamu cek kembali untuk memastikan barang belanjaan kamu lengkap seperti di daftar belanja. Hal ini juga berguna untuk mengecek barang lain yang tak diperlukan untuk dikeluarkan dari keranjang belanjaan. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Popcorn Beach, Uniknya Pantai Berpasir Berondong Jagung

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH