Lebaran, Makan Enak tanpa Naik Berat Badan Lebaran tiba, saatnya makan enak. (Foto: Pixabay/free-photos)

PADA saat menjalani ibadah puasa, seluruh umat muslim diwajibkan untuk menahan makan dan minum. Hingga pada saat bulan puasa biasanya banyak terjadi perubahan pola maan, tidur dan juga aktivitas sehari-hari.

Namun setelah puasa selesai dan tibalah Hari Raya Idul Fitri, makanan nikmat dan lezat biasanya sangat berlimpah. Karena di momen spesial tersebut banyak orang memasak makanan spesial seperti halnya, opor ayam, gulai kambing, sambal ati, ketupat, atau sajian khas lokal.

Menu masakan lezat tersebut memang sangat menggoyang lidah. Lebaran bukan ajang balas dendam pada makan banyak karena puasa telah usai. Karena hal itu dapat berakibat kenaikan berat badan yang tak terkendali.

Lebaran bukan ajang balas dendam makan. (Foto: Pixabay/sylviatansh)

Tapi kamu tak perlu khawatir, pasalnya ada tips untuk mencegah kenaikan berat badan usai lebaran . Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips ampuh agar berat badan tak naik usai lebaran.

1. Hentikan Makan Sebelum Kenyang

Janganlah makan ketika kamu merasa sudah mulai kenyang. Makanlah secukupnya jangan membuat perut kamu terlalu penuh, karena itu akan membuatmu menjadi malas bergerak. Untuk mencegah hal tersebut, makanlah dengan kesadaran dan tanpa gangguan, agar kamu dapat merasakan makanan yang masuk kedalam tubuh kamu. Makanlah secara perlahan dan kunyah makanan secara menyeluruh, karena dapat membantu mengenali rasa kenyang lebih baik hingga kamu mengonsumsi lebih sedikit kalori.

2. Jaga Porsi Makan

Setelah puasa selesai, bukan berarti waktu untuk balas dendam dengan makan berlebihan. Tetaplah perhatikan porsi makanan. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat makan di piring yang kecil, guna membatasi porsi makan. Karena jika orang menggunakan piring besar cenderung mengambil porsi makan yang lebih banyak.

3. Perhatikan Jenis Makanan

Langkah ketiga yaitu perhatikanlah jenis makanan yang kamu makan. Pada saat hari Lebaran tiba, kebanyakan orang cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak ketimbang berserat. Maka dari itu seimbangkanlah jenis makanan yang dimakan, jangan lupa untuk selalu makan sayur dan buah. Karena serat yang terkandung didalamnya dapat mencegah kamu dari kenaikan berat badan.

Tetap harus mencari makanan sehat. (Foto: Pixabay/RitaE)

4. Istirahat yang cukup

Kurang istirahat atau kurang tidur dapat menyebabkan berat badan kamu naik. Hal itu karena orang yang tak tidur cukup, cenderung lapar dan mengonsumsi lebih banyak kalori serta kurang bersemangat untuk melakukan aktivitas. Selain itu kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar hormone kelaparan yang akhirnya bisa menyebabkan asupan kalori yang lebih tinggi. Jadi kamu harus menjaga tidur kamu yah guys, jangan sampai kurang istirahat.

Perhatikan waktu istirahat kamu. (foto: Pixabay/cuncon)

5. Lebih Rileks

Berusahalah agar diri kamu tertap rileks, karena jika kamu stress maka kadar kortisol kamu akan tinggi. Kortisol sendiri merupakan hormon yang dilepaskan sebagai respon terhadap stress. Jika kadar kortisol kronis dapat menyebabkan berat badan kamu naik karena dikaitkan dengan asupan makanan yang lebih besar. Untuk mengatasinya, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi stress dengan berbagai kegiatan, seperti liburan, olahraga, meditasi, yoga dan pernapasan dalam.

6. Tetap Bergerak

Kurang bergerak dapat menyebabkan kenaikan berat badan, khususnya ketika kamu tengah bersantai seraya nyemil atau makan makanan dalam jumlah yang berlebihan. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa berolahraga guna mengimbangi kalori yang masuk kedalam tubuh dan berat badan pun akan lebih terkendali. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Lebaran, Unik dan Menyentuh

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH