Tips Aman untuk Terhindar dari Pencopet saat Traveling ke Luar Negeri Tetap aman ketika traveling. (Foto: Smarter Travel)

SAAT traveling kamu pasti akan membawa begitu banyak barang. Mulai dari kamera, ponsel, baju, serta dokumen perjalanan berharga. Semakin lama kamu merencanakan waktu untuk berlibur, maka semakin banyak pula barang yang kamu bawa. Tapi, ada juga beberapa barang yang kamu letakkan di saku celana atau jaketmu, seperti smartphone dan juga dompet.

Terlebih saat liburan ke luar negeri, tidak menjamin bahwa destinasi liburanmu akan selalu aman dari aksi kejahatan, pencopetan misalnya. Para pelaku biasanya akan melakukan aksinya ketika melihat seseorang yang menarik dari segi penampilan. Dilansir dari The Travel, berikut lima tips agar aman saat traveling dan terhindar dari pencopet.

Baca juga:

Saat Solo Traveling, Perhatikan Hal Berikut

1. Jangan memperlihatkan barang bawaanmu

Tips Aman untuk Terhindar dari Pencopet saat Traveling ke Luar Negeri
Jaga barang bawaanmu. (Foto: The Travel)

Cara ini adalah cara yang paling sederhana jika barangmu tidak ingin dicopet. Sembunyikan barang bawaanmu seperti ponsel, dompet, perhiasan, dan kamera. Meskipun perhiasan yang kamu bawa harganya tidak terlalu mahal, kamu tetap harus menyembunyikannya karena bisa saja tetap dicuri.

Mereka bahkan tega sampai menusuk targetnya demi mendapatkan barang yang diincar. Cukup tampil dengan sederhana. Tidak hanya membuat penampilanmu kurang menarik di mata pencopet, kamu akan merasa lebih aman saat traveling di negeri orang.

2. Hindari meletakkan barang di saku belakang

Tips Aman untuk Terhindar dari Pencopet saat Traveling ke Luar Negeri
Letakkan barang bawannmu di saku bagian depan. (Foto: The Travel)

Kebanyakan pencopet akan mengambil barang bawaan yang ditempatkan di bagian saku belakang. Cara ini sebenarnya masuk akal dan membuatmu tidak sadar. Oleh karena itu, hindari meletakkan barang bawaanmu di bagian saku belakang.

Terlebih ketika kamu berada di tempat ramai atau tempat sempit seperti kereta dan bis. Kamu mungkin saja tidak sadar seseorang telah mengambil dompet atau handphonemu. Apalagi saku belakangmu berukuran besar. Semakin besar kesempatan barangmu bisa diambil.

Baca juga:

Aplikasi ini Wajib Ada di Ponsel saat Traveling Ke Luar Negeri

3. Menyimpan uang dibanyak tempat

Tips Aman untuk Terhindar dari Pencopet saat Traveling ke Luar Negeri
Jangan menyimpan uang di satu tempat. (Foto: H&T Pawnbrokers)

Jangan pernah menyimpan semua uangmu dalam satu tempat. Karena, jika apes dan pencopet mencuri dompetmu, maka kamu dalam masalah besar.

Simpanlah uangmu di beberapa tempat, seperti di tempat penginapan, kantung dalam tas, atau saku bagian depan. Dengan begitu, jika mereka berhasil mencuri, setidaknya tidak mengambil seluruh uangmu. Tapi, jangan sampai lupa dimana saja kamu menempatkan uang tersebut.

4. Gunakan pakaian yang memiliki saku ketat

Tips Aman untuk Terhindar dari Pencopet saat Traveling ke Luar Negeri
Saku yang lebih ketat akan jauh lebih aman. (Foto: The Travel)

Jika kamu terpaksa membawa banyak barang di sakumu, maka gunakanlah pakaian yang ketat. Dengan demikian, secara otomatis pasti memiliki saku yang ketat. Dijamin, pasti para pencopet kesulit untuk mencoba mengambil barang bawaan dari sakumu. Namun, kamu harus menerima risiko dimana tidak bisa membawa barang bawaan terlalu banyak karena saku yang terbilang sempit.

5. Hindari bermain ponsel jika tidak terlalu penting

Tips Aman untuk Terhindar dari Pencopet saat Traveling ke Luar Negeri
Hindari bermain ponsel jika tidak terlalu penting. (Foto: Design Week)

Selain dompet, handphone juga menjadi salah satu yang paling mudah dicopet, terlebih handphonemu terlihat mahal dan elegan. Jika memang tidak terlalu penting, disarankan untuk tidak bermain ponsel di tempat umum, baik saat sepia tau ramai. Kamu mungkin tidak sadar ketika melihat layar. Bisa saja tiba-tiba pencopet datang dari belakang dan melibas ponsel kesayanganmua. Hati-hati ya! (And)

Baca juga:

Sebelum Traveling Ke Luar Negeri, Yuk Intip Tips Cerdas Dalam Menukar Uang



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH