Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 13 April 2023
Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Mudik Lebaran
Rumah harus tetap aman selama pergi mudik Lebaran. (Foto: Unsplash/Parker Coffman)

MUDIK ke kampung halaman khususnya selama Lebaran bisa menjadi tantangan tersendiri. Bukan hanya selama perjalanan, tapi juga keresahan karena harus meninggalkan rumah kosong tanpa ada yang menjaga.

Meski mudik Lebaran, keamanan rumah sama pentingnya dengan keamanan kita selama di perjalanan. Maka, bila kamu meninggalkan rumah kosong tanpa ada yang menjaga, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan pastikan keamanannya. Seperti dilansir Antara, PegiPegi memberikan sejumlah tips bagi kamu yang meninggalkan rumah saat mudik, misalnya:

Baca juga:

Jelang Lebaran, Yuk Hadirkan Suasana Baru di Rumah

1. Kunci semua pintu dan jendela

Tutup rapat dan kunci semua pintu dan jendela. (Foto: Unsplash/Maria Ziegler)

Mengunci pintu dan jendela adalah hal yang paling penting dilakukan saat akan meninggalkan rumah. Jendela terutama, biasanya menjadi jalan utama yang paling memungkinkan untuk pencuri masuk ke dalam rumah.

Jadi, pastikan tidak lupa mengunci semua titik masuk ke dalam rumah, dan tutup secara rapat. Selain itu, jangan meninggalkan kunci di bawah pot, keset, atau tempat lainnya, karena tempat-tempat itu sangat mudah ditebak oleh pencuri.

2. Cabut semua colokan listrik dan gas

Cabut colokan listrik untuk hindari korsleting. (Foto: Unsplash/Mike Winkler)

Korsleting listrik sering kali menjadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah. Sebelum pergi mudik, periksa dan matikan semua perangkat elektronik di rumah. Setelah itu, cabut semua colokan yang masih terpasang dan cabut selang gas untuk menghindari kebakaran.

Baca juga:

Tips Aman Meninggalkan Mobil di Rumah saat Libur Lebaran

3. Simpan barang berharga di tempat terkunci

Simpan barang berharga di tempat yang aman. (Foto: Unsplash/Immo Wegmann)

Sejumlah barang berharga yang tak mungkin dibawa mudik seperti perhiasan, surat-surat penting, uang tunai, dan lainnya, sebaiknya disimpan di tempat terkunci. Bahkan, lebih baik lagi jika kamu memiliki safe deposit box atau lemari besi yang bisa menyimpan barang-barang berharga itu.

4. Tutup lubang pembuangan

Tutup lubang pembuangan dan buang sampah. (Foto: Unsplash/Sidekix Media)

Meski pergi mudik, kebersihan rumah tetap harus terjaga. Hal ini untuk menghindari masuknya hewan seperti kecoak, tikus, semut, dan lainnya. Maka, tutup lubang pembuangan sebelum pergi berangkat mudik, jangan lupa buang sampah di rumah supaya tidak menimbulkan bau busuk.

5. Laporkan pada RT dan satpam setempat

Melapor pada otoritas setempat. (Foto: Unsplash/Beth Macdonald)

Calon pemudik sebaiknya melaporkan kepada RT atau petugas keamanan setempat bahwa akan meninggalkan rumah dalam beberapa waktu. Dengan demikian, satpam bisa membantu agar lebih mengawasi rumah setiap hari selama kamu pergi mudik. (waf)

Baca juga:

Tips Merawat Mobil saat Libur Lebaran di Rumah

#Mudik
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan