Tips Aman Tinggalkan Rumah Kosong Saat Liburan Tahun Baru Kenali tips aman saat tinggalkan rumah kosong di liburan tahun baru (Foto: pixabay/shadowfirearts)

MEMASUKI liburan akhir tahun atau tahun baru, kebanyakan orang menghabiskan waktunya untuk berlibur ke kampung halaman, ke tempat wisata, ke luar kota bahkan hingga ke luar negeri.

Namun perlu diingat, saat kamu dengan keluargamu bepergian ke luar kota atau luar negeri dalam waktu beberapa hari, tentu rumah kamu akan kosong tanpa penghuni.

Baca Juga:

Perhatikan Hal-hal Penting Ini Sebelum Berkendara di Malam Tahun Baru

Gunakan keamanan ganda untuk keamanan rumahmu, seperti gembok, rantai dan sebagainya (Foto: pixabay/digitalartist)

Kondisi rumah yang kosong sendiri kerap menjadi incaran para perampok. Karena itu, sebelum kamu meninggalkan rumah untuk liburan akhir tahun, dibutuhkan beberapa tips ampuh mencegah terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Adapun beberapa tips agar rumah tetap aman saat kamu tinggal liburan, yang pertama ialah kunci semua pintu serta cabut selang gas. Pastikan pintu serta jendela diseluruh sudut rumah telah terkunci dengan rapat, lebih baik lagi menggunakan gembok atau kunci tambahan untuk pengamanan ekstra.

Mencabut selang gas pun sangat penting, karena kebocoran tabung gas kerap menjadi pemicu kebakaran. Jadi lebih baik kamu mencabut selang gas guna menghindari risiko kebakaran.

Pasangan cctv jika perlu dan budget mencukupi (Foto: pixabay/ellasticomputefarm)

Tips selanjutnya yakni matikanlah seluruh lampu dan elektronik yang tidak perlu. Dalam hal ini sisakanlah lampu pada halaman rumah agar tetap menyala. Agar saat malam hari suasana didepan rumah kamu terlihat terang seperti berpenghuni.

Baca Juga:

Cegah Sakit di Musim Liburan dengan Pola Makan Sehat Penambah Stamina

Untuk menambah keamanan, pasanglah CCTV yang dikontrol dari jarak jauh dari laptop atau ponsel. Namun pemasangan cctv yang cukup canggih tentu akan menghabiskan biaya ekstra. Tapi untuk kamu yang memiliki budget lebih tampaknya bukan menjadi maslaah, karena demi keamanan barang-barang dirumah.

Jangan lupa infokan pada tetangga terdekat dan pihak keamanan setempat, jika kamu ingin meninggalkan rumah dalam beberapa hari (Foto: pixabay/zstupar)

Lalu tips selanjutnya ialah simpan uang dan barang-barang berharga dalam brankas. Demi keamanan lebih baik kamu jangan menyimpan banyak uang dirumah, lebih baik kamu simpan di bank. Begitu pun dengan surat-surat berharga, sebaiknya kamu simpan di branks dan tempat aman yang lainnya.

Tips yang terakhir yaitu beri tahu tetangga serta pihak keamanan lingkungan. Sebelum meninggalkan rumah dan pergi berlibur, sebaiknya kamu beritahukan pada tetangga terdekat jika kamu akan meninggalkan rumah dalam beberapa hari. Dengan begitu, mereka bisa membantu mengamankan rumah kamu dari pendatang yang tak dikenal.

Lebih baik lagi kamu laporkan pada RT atau petugas keamanan komplek untuk memantau keamanan rumah kamu selama ditinggal liburan beberapa hari. (Ryn)

Baca Juga:

Daftar Zodiak yang Paling Boros Belanja di Liburan Akhir Tahun

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH