Tips Aman Rayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi Merayakan Idul Fitri dengan aman di tengah pandemi corona (Foto: Freepik)

DI 2020 umat muslim di seluruh dunia menyambut Lebaran dengan suasana yang berbeda. Apalagi kalau bukan karena pandemi Corona. Walau begitu, kamu tetap bisa merayakan hari yang penuh berkat ini dengan sukacita dan tetap aman.

Untuk itu, laman Alodokter sudah membagikan beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar tetap dapat menikmati hari istimewa ini tanpa harus khawatir terpapar virus COVID-19.

1. Salat Idul Fitri di rumah

Tips Aman Rayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi
Jaga jarak ketika shalat berjamaah (Foto: Unplash/@citynattyhere)

Biasanya ketika lebaran tiba, umat muslim akan melakukan salat Id sebanyak dua rakaat. Selain itu, salat ini dianjurkan untuk dilakukan berjamaah di tanah lapang atau masjid. Namun, melihat kondisi saat ini, lebih baik kamu melakukan salat Idul Fitri di rumah saja.

Akan tetapi jika kamu memilih untuk mengikuti salat secara bersama-sama, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Baca juga:

Salat Ied #DiRumahAja, Sudah Tahu Caranya?

Pertama, sebaiknya berwudhulah dari rumah agar tidak perlu berkerumun di tempat wudhu umum. Kemudian pastikan pelaksana salat mengikuti aturan untuk memperpendek bacaan salat dan khotbah agar tidak semakin lama.

Jangan lupa untuk memakai masker, membawa sajadah atau alas salat sendiri, dan jaga jarak dengan orang lain setidaknya 1,5 meter.

Walaupun terkesan tidak ramah, namun sebaiknya hindari dulu berjabat tangan ataupun berpelukan agar lebih aman. Terakhir setelah pulang segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau jika perlu langsung mandi saja.

2. Silaturahmi secara virtual

Tips Aman Rayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi
Bersilaturahmi secara virtual saja (Foto: Freepik)

Momen lebaran memang identik dengan silaturahmi dan halal bihalal. Tapi sebaiknya tahun ini kamu tunda dulu deh keinginanmu untuk berkumpul ramai-ramai. Bukan maksudnya ingin sombong atau menjaga jarak, tapi lebih baik aman daripada menyesal bukan?

Tapi bukan berarti kamu enggak bisa mengucapkan salam dan selamat hari raya lho. Kamu bisa menggantinya dengan ucapan virtual seperti kirim pesan, menelpon, maupun melakukan video call. Walau terpisah jarak, kamu dan orang-orang tersayang tetap dekat di hati kok.

Baca juga:

Tutorial Silaturahmi Virtual Kekinian Saat Pandemi Virus Corona

3. Saling kirim makanan

Tips Aman Rayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi
Walau tidak bisa makan bersama, kamu tetap bisa mengirim makanan (Foto: Freepik)

Makanan enak memang selalu jadi hal yang ditunggu-tunggu ketika lebaran tiba. Kalau sekarang kamu enggak bisa datang untuk makan bersama, kamu tinggal mengirimkannya saja.

Jadi tetap bisa menunjukkan tanda cinta dengan aman. Baik makanan, kue, maupun parsel lebaran bisa kamu kirimkan untuk orang-orang terkasih melalui jasa kurir.

4. Zakat fitrah Online

Tips Aman Rayakan Idul Fitri di Tengah Pandemi
Tetap melakukan zakat namun bisa dikirim via transfer (Foto: Unsplash/@anniespratt)

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib diberikan ketika Ramadan. Melihat kondisi pandemi corona, pemerintah menganjurkan organisasi pengelola zakat ini untuk mengurangi pengumpulannya melalui kontak fisik, tatap muka, maupun membuka gerai.

Tapi bukan jadi alasanmu untuk enggak memberikan zakat ya! Sebagai gantinya, pembayaran itu bisa dilakukan melalui layanan jemput zakat atau transfer perbankan. Teknologi sudah canggih jadi jangan lupa dimanfaatkan ya! (sam)

Baca juga:

Praktis, Ini 5 Situs Rekomendasi untuk Bayar Zakat Fitrah secara Online


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH