Tips Aman Mudik Lebaran Sejumlah calon penumpang menuju bus di Terminal Ubung, Kota Denpasar, Bali, Sabtu (17/6). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Arus mudik jelang Lebaran identik dengan keramaian di terminal, stasiun dan lokasi yang menjadi titik pemberangkatan. Tak ayal, lokasi tersebut acap kali dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan kejahatan.

Di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur misalnya, pihak pengamanan sudah mengingatkan pemudik untuk mengantisipasi tindak kriminal. Alasannya, agar pemudik nyaman dan selamat sampai tujuan.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August mengingatkan, pemudik yang akan melalui terminal untuk selalu waspada.

Menurutnya, meski belakangan ini terpantau aman dari tindak kriminal, namun pemudik harus tetap berjaga-jaga.

"Jangan menggunakan perhiasan yang mencolok dan selalu berhati-hati dengan orang yang baru dikenal," katanya saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Senin (19/6).

Selain itu, lanjutnya, jangan terpisah dari anggota keluarga. Sebab, bisa saja penjahat sedang mengintai korbannya.

Nah, jika menjadi korban kejahatan, katanya, segera laporkan kepada petugas keamanan terminal yang telah disiagakan di sejumlah pos terpadu.

Hal senada diungkapkan Kepala Pospam Terminal Kampung Rambutan, IPTU Zanto. Ia mengimbau agar pemudik tetap waspada. Pasalnya, tidak ada yang bisa menduga kejahatan terjadi kepada pemudik.

"Tetap waspada dan tidak lalai terhadap situasi," imbaunya.

Hingga H-7 ini, diakuinya Terminal Kampung Rambutan aman dari tindak kriminal. "Aman, belum ada laporan," tutupnya. (Fdi)

Baca juga berita terkait lainnya dalam artikel: Terminal Kampung Rambutan Aman Dari Tindak Kriminal



Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE