Tips Aman Menghadapi Mertua 'Rese' dalam Kehidupan Pernikahan Mertua sering ikut campur urusan rumah tangga anaknya. (Foto: Pixabay/brenkee)

DALAM pernikahan pasti ada saja bumbu-bumbu atau masalah yang menghiasi dalam perjalanannya. Banyak faktor penyebabnya, dari luar maupun dari dalam. Salah satunya yakni kehadiran mertua yang seringkali menjadi penyebab pertengkaran rumah tangga. Di satu sisi kita harus menghormati mereka, karena bagaimana pun mereka sudah menjadi orangtuamu juga. Jika pasangan lebih membela mertua dibanding kamu, bete deh!

Melansir laman medium.com, kehidupan rumah tangga memang menawarkan permainan 'roller coaster' di setiap aspek kehidupan. Kamu tidak bisa egois dan memikirkan diri sendiri. Ada pasangan, anak, dan mertua yang harus kamu jaga perasaannya.

Baca juga:

Orangtua, Tak Perlu Khawatir Jika Calon Menantumu Bukan Seorang PNS

Apalagi jika mertua sering mengintervensi keputusan kamu dan pasangan ketika menghadapi sesuatu. Terdengar sulit namun seru. Kehidupan pernikahan itu maha asyik! Ikuti tips berikut agar mudah menghadapi mertua usil yang suka ikut campur urusanmu dan pasangan.

1. Diskusi Bersama Pasangan

Tips Aman Menghadapi Mertua Resek dalam Kehidupan Pernikahan
Diskusikan sejak awal. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan jauh sebelum melangsungkan pernikahan. Salah satunya adalah mengenal karakter keluarga calon pasanganmu. Jika merasa tidak cocok lebih baik jangan dilanjutkan. Sudah terlanjur jadi bucin (budak cinta)? Cobalah diskusi bersama pasangan.

Pastikan semua keputusan yang diambil berdasarkan persetujuan pasangan tanpa campur tangan orang lain, meskipun itu mertuamu sendiri. Karena bagaimanapun, kamu dan pasangan yang akan mengarungi bahtera rumah tangga. Manis dan pahitnya juga kalian berdua yang menanggung.

2. Lebih Tertutup

Tips Aman Menghadapi Mertua Resek dalam Kehidupan Pernikahan
Mau tidak mau kamu harus lebih tertutup. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Mengimpikan kedekatan bersama mertua? Jangan harap jika mertuamu termasuk tipe yang suka ikut campur. Alangkah lebih baik jika kamu membuat batasan dan lebih tertutup soal kehidupan bersama pasangan. Karena terkadang perkataan mertua yang suka ikut campur cukup untuk membuatmu mengelus dada.

Baca juga:

Mantapkan Mental, Hal-Hal ini Perlu Kamu Bahas sebelum Menikah

3. Jangan Dimasukan ke Hati

Tips Aman Menghadapi Mertua Resek dalam Kehidupan Pernikahan
Omongan mertua tidak perlu dimasukan ke dalam hati. (Foto: Pixabay/RobinHiggins)

Kalau sudah tahu karakter mertuamu seperti ini, maka apapun yang mereka katakan jangan pernah dimasukan ke hati. Nasihatnya perlu dipertimbangkan mengingat mereka sudah lebih banyak pengalaman dalam pernikahan, tetapi jangan biarkan mertua mempengaruhi keputusan bersama pasangan.

4. Sesekali Ajak Mertua Bicara

Tips Aman Menghadapi Mertua Resek dalam Kehidupan Pernikahan
Bicarakan dari hati ke hati. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Jika kamu sudah tidak tahan, mengajak mertua untuk bicara dari hati ke hati bukanlah sebuah dosa besar. Ungkapkan saja bagaimana kamu keberatan jika mertua terus menerus berusaha ikut campur. Tetapi ingat, itu harus tetap dilakukan dengan cara lembut dan sopan. (mar)

Baca juga:

Tips Liburan Nyaman Bersama Mertua



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH