Tips Aman Menggunakan Aplikasi Zoom Ilustrasi: Aplikasi meeting Zoom. (ANTARA/Zoom)

SEMENJAK virus corona baru atau COVID-19 menyerang, ada beberapa aplikasi yang booming dan digemari banyak orang. Salah satunya yakni Zoom, platform digital untuk melakukan pertemuan sosial secara online.

Zoom populer karena menyediakan akses gratis konferensi video selama 40 menit dan mampu memuat hingga ratusan peserta. Ini berbeda dengan aplikasi lain yang hanya bisa menampung belasan peserta saja.

Baca juga:

#DiRumahAja, Waktunya Bersihkan Jok Fabric!

Sayangnya, kepopuleran aplikasi Zoom dibarengi dengan fenomena Zoombombing, istilah untuk orang tak dikenal secara tiba-tiba masuk dan mengganggu pertemuan. Seperti yang terjadi baru-bari ini.

Menanggapi hal itu, pakar siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, membagikan kiat aman menggunakan aplikasi konferensi video seperti Zoom, terlebih bagi administrator (tuan rumah/host) yang membuka ruang untuk mengadakan pertemuan online.

Ada tips aman menggunakan aplikasi Zoom (Foto: Ist)
Ada tips aman menggunakan aplikasi Zoom (Foto: Ist)

Menurutnya, admin bertanggung jawab untuk menjaga pertemuan agar tetap kondusif. Oleh karena itu, sebaiknya dia memahami dan menguasai fitur-fitur yang ada di apikasi tersebut. "Jangan semua setting default," tutur Alfons.

Berikut ini tips dari Alfons yang bisa kamu terapkan.

1. Perbarui aplikasi

Aplikasi Zoom memiliki versi terbaru dengan beberapa pembaruan terutama di segi keamanan dan fitur terkini.

2. Hati-hati membagikan tautan

Orang akan terhubung pada konferensi ketika tahu tautan termasuk ID dan kata sandi (password). Oleh karena itu hindari sembarangan membagikan tautan ke publik, misalnya melalui media sosial.

Baca juga:

Pentingnya Data Valid untuk Lawan COVID-19

3. Aktifkan mode ruang tunggu atau waiting room

Sebaiknnya menyalakan fitur ruang tunggu atau waiting room ketika ada peserta yang masuk. Dengan begitu admin bisa mengontrol siap saya yang ikut dalam meeting. Admin juga sebaiknya hanya mengizinkan masuk orang-orang yang sudah terkonfirmasi untuk mengikuti rapat tersebut.

Salah satu caranya yakni aktifkan mode ruang tunggu (Foto: Zoom)
Salah satu caranya yakni aktifkan mode ruang tunggu (Foto: Zoom)

4. Batasi peserta

Apliaksi Zoom memang memiliki kelebihan bisa memiliki jumlah peserta rapat online yang sangat banyak. Namun bukan berarti kamu tak bisa membatasinya. Aktifkan fitur "lock meeting" sehingga tidak ada lagi yang bisa bergabung kecuali peserta yang terkonfirmasi.

5. Jaga keamanan perangkat

Bukan hanya administrator, peserta rapat juga memiliki kewajiban menjaga keamanan perangkat. Tujuannya agar tidak diretas atau dicuri data-datanya.

6. Matikan fitur tak penting

Agar lebih aman, matikan fitur-fitur yang tak diperlukan seperti membagikan layar atau Screen Sharing, dengan begitu hanya pembicara yang bisa menggunakannya. Kamu juga bisa mematikan mikrofon peserta lain ketika pembicara sedang menjelaskan. (Yni)

Baca juga:

Microsoft Tunda Akhir Dukungan untuk Versi Lama Windows 10


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH