Tips Aman Berinternet untuk Anak ala Google Google bagikan tips aman berinternet bagi anak (Sumber: Pixabay/PhotoMIX-Company)

ANAK di masa sekarang memang sangat akrab dengan ponsel dan internet. Sayangnya, teknologi ini tak melulu menimbulkan dampak positif. Alhasil, memberikan pemahaman bagaimana cara menggunakan ponsel yang baik sangat dibutuhkan.

"Kemajuan teknologi telah membuat hidup kita lebih mudah. Kami percaya kerjasama orangtua untuk membantu keluarga mengadopsi teknologi agar bijak dan aman," kata User Education and Outreach Manager, Trust and Safety, Google Asia Pasific, Lucian Teo, seperti yang diberitakan Antaranews.com, Sabtu (10/8).

Google menilai orangtua perlu memberikan batasan penggunaan teknologi sesuai dengan kebutuhan keluarga. Orangtua perlu membantu anak dalam memahami jejak digital dan teliti terhadap informasi yang didapat dari internet.

Dengan memberikan edukasi tersebut, orangtua membantu anak terhindar dari kejahatan di dunia maya. Nah, berikut ini tips aman berinternet dengan fitur yang diberikan Google.

1. Filter SafeSearch

Filter SafeSearch (Sumber: Ist)
Filter SafeSearch (Sumber: Ist)


Setelan SafeSearch di mesin pencari Google Search dapat digunakan untuk memblokir situs-situs yang tidak cocok untuk anak agar anak terhindar dari konten pornografi dan kekerasan.

Namun, hasil pencarian lewat SafeSearch mungkin belum benar-benar 100 persen aman. Google menyarankan orang tua melaporkan temuan konten yang tidak sesuai.

2. Family Link

Family Link (Sumber: Android Police)
Family Link (Sumber: Android Police)

Fitur Family Link dapat digunakan dalam mengelola akun anak-anak di perangkat yang kompatibel. Lewat fitur ini, orangtua dapat mengawasi waktu penggunaan perangkat, membatasi akses harian, mengunci perangkat anak dari jarak jauh, melihat aktivitas anak, melihat lokasi anak, dan mengatur aplikasi yang dipasang di gawai anak.

3. Google Play Store

Google Play Store (Sumber: Variety)
Google Play Store (Sumber: Variety)

Orangtua disarankan untuk membaca ulasan yang ada di aplikasi atau gim pada Play Store. Jangan lupa juga mencari ikon bintang keluarga. Karena ikon ini menandakan konten telah ditinjau untuk ramah bagi anak-anak. Jangan lupa untuk melihat peringkatnya sehingga tahu apakah konten tersebut layak untuk anak-anak atau tidak.

4. Google Assistant

Google Assistant (Sumber: Android Authority)
Google Assistant (Sumber: Android Authority)

Ada lebih dari 50 permainan, aktivitas dan cerita di program Assistant for Families. Di sana Google menjamin isi yang ada di dalam program tersebut telah disetujui dan ditinjau oleh tim Trust and Safety mereka. Assistant for Families juga bisa dikombinasikan dengan fitur Family Link sehingga anak tidak bisa mengakses transaksi keuangan dan menentukan apakah mereka bisa mengakses aplikasi ketiga di Assistant.

5. YouTube Kids

Youtube Kids (Sumber: Ist)
Youtube Kids (Sumber: Ist)

Youtube Kids disarankan bagi orangtua yang senang mengajak anak menonton video. Di Youtube Kids, konten-konten bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak. Selain itu Google menyarankan untuk memasang pengatur waktu atau times agar bisa mengontrol anak berapa lama ia menonton. Matikan fitur penelusuran sehingga anak hanya bisa menonton channel yang sudah diverifikasi tim Youtube Kids.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani