Tips Aman Belanja Online untuk Millennials Ilustrasi Belanja Online (Foto: pixabay/mediamodifier)

PADA 'zaman now' yang serbamodern dan juga canggih, online shopping atau belanja daring telah menjadi pilihan banyak orang, khususnya para anak muda millennials.

Belanja online membuat kamu akan lebih mudah membeli berbagai jenis barang tanpa harus membeli barang secara langsung ke tokonya.

Hanya dalam satu gadget, kamu sudah bisa melihat dan memilih barang-barang yang akan kamu beli, tak sedikit pula barang-barang dengan harga yang lebih murah ketimbang di toko.

Namun, jika kamu merupakan pemain baru belanja online, mungkin ada rasa khawatir jika barang yang kamu beli tak sampai, nyasar, tidak sesuai ekpektasi atau bahkan tertipu. Nah agar hal itu tak terjadi dengan kamu. Seperti yang dilansir dari iStyle dan berbagai sumber, yuk simak tips belanja online aman berikut ini.

1. Cek testimoni

Belanja online menggunakan gawai. (Foto: Pixabay/Erik_lucantero)

Sebelum kamu belanja online, sebaiknya kamu menilai online shop yang akan kamu tuju untuk membeli barang. Langkah pertama yaitu kamu harus melihat testimoni online shop tersebut, apakah itu terpercaya atau tidak agar kamu tak tertipu oleh penjual. Tapi saat ini juga telah banyak situs e-commerce yang cukup aman untuk bertransaksi yang dapat menjadi alternatif belanja daring.

Kendati demikian kamu juga harus mengecek penilaian pembeli terhadap online shop atau situs e-commerce tersebut. Jika online shop itu memiliki reputasi serta penilaian yang baik, dapat dipastikan jika banyak pembeli yang percaya dan tak menyesal belanja di toko online tersebut.

2. Chat atau telepon langsung penjual

Chat pedagang untuk keamanan. (Foto: Pixabay/Nastya_gepp)

Tips selanjutnya agar aman berbelanja yaitu bertanya langsung atau melakukan chat secara intensif kepada penjual tentang kondisi barang yang kamu taksir. Biasanya jika online shop yang tepercaya, akan menjawabnya dengan cepat untuk meyakinkan pembeli jika toko daringnya aman dan tepercaya.

Yang perlu ditekankan, jangan malu bertanya. Kadang barang yang dikirim tidak sama persis dengan footo. Jadi kamu harus benar-benar memastikan barang yang kamu inginkan kepada si penjual

3. Baca baik-baik kebijakan situs online

Baca kebijakan situs belanja daring. (Foto: Pixabay/Rawpixel)

Kamu harus waspada terhadap data pribadi kamu, jangan sampai pada kebijakan tersebut tercantum poin yang menyebut jika pihak pengelola boleh memberikan data pribadi anda pada pihak lain. Setelah itu perhatikan juga soal kebijakan pengembalian barang. Pasalnya, barang yang dibeli tak dapat kamu lihat secara fisik.

Dalam hal ini harus ada garansi. Jika barang yang dikirim terdapat cacat, kamu dapat mengirim barang itu kembali dan tentunya diganti dengan barang baru, atau uang kamu kembali. Lihat juga siapa yang harus membayar pengembalian barang tersebut.

4. Jangan mudah tergoda barang murah

Banderol murah kerap menggoda. (Foto: Pixabay/Garderobain)

Pada berbagai situs e-commerce atau online shop, banyak yang memberikan diskon atau potongan harga yang cukup besar, bahkan hingga setengah dari harga normal. Nah melihat hal itu, anda jangan lantas langsung tergiur, justru harus waspada, karena saat ini banyak barang-barang replika yang menyerupai asli. Hal tersebut kerap dimanfaatkan oleh beberapa oknum penjual online untuk meraup keuntungan yang lebih besar.

5. Perhatikan cara pembayaran

Perhatikan cara pembayaran. (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

Cara pembayaran dalam belanja online perlu anda perhatikan, pasalnya pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit, Anda harus punya bukti yang kuat jika anda telah melakukan transaksi kalau barang tak diantar atau barang yang sampai tak sesuai dengan pesana. Banyaknya kasus pencurian nomor kartu kredit, kamu disarankan melakukan pembayaran menggunakan system PayPal, Transfer Kirim, ataupun Cash on Delivery (COD).

6. Cek kembali harga total

Hitung ulang total pembelian. (Foto: Pixabay/Rawpixel)

Setelah berbelanja, cek kembali harga total barang anda dan juga ongkos kirimnya. Bandingkan harga total dengan situs-situs e-commerce atau online shop lainnya. Dari situ anda akan bisa melihat dan mendapatkan harga murah dari toko yang terpercaya.

9. Simpan bukti transaksi

Simpan bukti transfer. (Foto: Pixabay/Rawpixel)

Setelah mendapat harga pasti dan transfer, kamu jangan lupa menyimpan bukti transaksi termasuk dengan deskripsi produk, harga, kuitansi digital serta salinan e-mail antara anda dengan si penjual. Ini merupakan suatu hal yang penting untuk berjaga-jaga jika ada masalah dengan barang yang dikirim. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya.

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH