Tips Aman Belanja di Pasar Tradisional India Tips Aman untuk Berbelanja di Pasar Tradisional India (Foto_ Pixabay_12019)

PASAR tradisional India merupakan surga belanja tak hanya bagi masyarakat lokal tetapi juga wisatawan dari berbagai negara. Di sana bisa ditemukan hampir semua yang kamu butuhkan dan banyak benda-benda bernuansa etnik yang sangat unik. Mulai dari kain, baju tradisional, hingga hiasan etnik dijadikan target oleh-oleh baik bagi perempuan maupun laki-laki.

Baca juga:

Lakukan Hal ini untuk Liburan Lancar di India

Jangan kaget jika pertama kali datang ke sana pemandangannya akan sumpek, dengan mondar mandirnya pelanggan dan terutama penjual yang menjajakan dagangannya dengan berjalan keliling pasar. Kamu harus senantiasa hati-hati dan menyiapkan hal-hal kecil yang cukup penting sebelum belanja di sana.

1. Bawa Uang Tunai

Tips Aman Belanja di Pasar Tradisional India
Bawa uang tunai (Foto: Pixabay/Pprasantasahooo)

Pastikan kamu sudah menyiapkan uang tunai sebelum belanja di pasar tradisional karena selain hanya sedikit penjual yang menyediakan fasilitas bayar menggunakan kartu, hal ini juga untuk menghindari sabotase kartu bayar.

2. Pakai Tas Selempang Kecil Selempang

Tips Aman Belanja di Pasar Tradisional India
Gunakan tas kecil (Foto: Pixabay/LUM3N)

Jangan sekali kali menggunakan tas yang gampang dirogoh orang. Pakailah tas kecil yang hanya muat handphone dan dompet uang tunai karena hanya itu yang kamu butuhkan di sana.

Baca juga:

India, Surga Belanja Murah Meriah untuk Perempuan

Sebisa mungkin kamu tidak membawa dokumen penting dan selalu letakan tas selempangmu di depan. Dengan begini pencopet pun akan mikir dua kali mau merogoh tasmu. Jangan takut untuk teriak sekencang-kencangnya ya jika ada orang yang berani memegang tasmu.

3. Cek dan Tawar Harga

Tips Aman Belanja di Pasar Tradisional India
Tawar hingga deal (Foto: Pixabay/Robert-Owen-Wahl)

Sebelum pergi belanja, mulailah riset tentang barang-barang apa saja yang kamu incar beserta harganya. Barang-barang yang dijual di pasar tradisional india harganya pasti murah baik itu yang etnik maupun branded.

Baca juga:

Tips dan Trik Menawar Harga Barang di Tempat Kamu Berlibur

Penjual di india akan selalu menaikan harga untuk turis dan seringkali menawarkan harga yang tidak masuk akal. Jangan malu untuk menawar harga dan gunakan teknik pura-pura pergi. Dijamin kamu pasti akan mendapat harga murah.

4. Siapkan Beberapa Tas Belanja Besar

Tips Aman Belanja di Pasar Tradisional India
Bawa tas belanja (Foto: Pixabay/Webandi)

Ini yang seringkali tidak diperhatikan oleh turis padahal penting sekali. Siapkan tas belanja yang besar karena barang bawaanmu pasti membludak setelah pulang dari pasar.

Daripada repot-repot menjinjing banyak plastik belanjaan, lebih baik seluruh belanjaanmu dimasukan ke satu tas besar. (mar)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH