Tips Ala Lonely Planet Agar Travelingmu Menyenangkan Travelingmu bisa menjadi menyenangan jika ikuti tips ini (Foto: Pixabay/DariuszSankowski)

BAGI seorang traveler sejati, menjelajahi pemandangan indah di negara lain adalah sebuah impian. Sayangnya ketika impian itu terwujud, kita jadi sering salah tingkah. Hal-hal yang seharusnya dipersiapkan malah dilewatkan. Sebaliknya, ada sesuatu yang tak penting akhirnya dipikirkan.

Oleh karena itu, Lonely Planet sedikit membagikan tips agar perjalanan traveling kamu menjadi nyaman dan menyenangkan. Apa saja sih? Simak ulasannya.

Baca juga:

Mata Langit, Wisata Alam dengan Konsep Kekinian

1. Jangan membawa barang berlebih

Jangan terlalu berlebihan membawa barang (Foto: Pixabay/StelaDi)
Jangan terlalu berlebihan membawa barang (Foto: Pixabay/StelaDi)

Kamu harus teliti barang-barang apa saja yang harus dibawa selama perjalanan traveling ke luar negeri. Selain membebani kamu secara fisik, terlalu banyak membawa barang juga membuat waktu perjalanmu bertambah. Karena biasanya di setiap bandara akan mengadakan pengecekan barang, tentu semakin banyak barang bawaan semakin lama pula waktu pengecekan.

2. Perhatikan harga tiket pesawat

Perhatikan harga tiket (Foto: Pixabay/Steve001)
Perhatikan harga tiket (Foto: Pixabay/Steve001)

Maskapai penerbangan tak rugi ketika hanya kamu tidak menggunakan jasanya. Tetapi uang kamu akan terkuras jika salah memilih maskapai. Kamu bisa lebih banyak menghemat biaya perjalanan dengan membandingkan harga tiket terendah. Kamu mungkin saja cocok dengan salah satu maskapai, tapi tak ada salahnya untuk berhitung soal biaya tiket.

Baca juga:

Mirip di Luar Negeri, Lokasi Wisata Ini Juga Ada di Indonesia

3. Cuci pakaian sendiri

Cucu pakaian sendiri (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)
Cucu pakaian sendiri (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)

Mau tidak mau kamu pasti harus berganti pakaian selama perjalanan. Jika menginap di hotel, biasanya ada fasilitas laundry. Tapi tak ada salahnya mencuci pakaianmu sendiri. Kamu bisa mencuci di wastafel saat pagi hari. Sehingga ketika kamu pulang setelah melakukan perjalanan seharian, pakaianmu sudah kering dan siap dipakai di hari berikutnya.

4. Pertimbangkan ulasan wisatawan lain

Pertimbangkan ulasan wisatawan (Foto: Pixabay/freephotocc)
Pertimbangkan ulasan wisatawan (Foto: Pixabay/freephotocc)

Ulasan adalah cara luar biasa untuk mencari kegiatan, hotel, dan restoran yang sesuai dengan selera spesifik kamu. Cari ulasan beserta komentar di berbagai situs. Lakukan pencarian informasi sebelum berangkat agar kamu bisa memiliki banyak pilihan.

5. Gunakan lounge bandara

Gunakan lounge bandara (Foto: Pixabay/stokpic)
Gunakan lounge bandara (Foto: Pixabay/stokpic)

Kamu tidak harus kaya atau terkenal untuk mendapat manfaat dari lingkungan yang santai, makanan gratis, dan toilet di lounge bandara. Dalam banyak kasus, kartu kredit kamu mungkin memberi kamu akses lounge gratis. Jika tidak, periksa Loungebuddy atau Groupon untuk mengetahui tarif hari diskon. Untuk penerbangan jarak jauh atau perpanjangan waktu singgah, kamu akan berterima kasih kepada kartu kredit.

Baca juga:

Bertabur Bunga, 5 Taman yang tak Boleh Kamu Lewatkan


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH