Tips Agar Tidak Termakan Berita 'Hoax' Ilustrasi. (Foto Ist)

MerahPutih.com - Masyarakat kerap dihebohkan dengan pesan berantai (broadcast message) terkait berita bohong atau hoax di beberapa jejaring media sosial. Karena itu pula, tak sedikit dari masyarakat yang percaya akan kabar bohong tersebut.

Menanggapi hal demikian, Pengamat Media Sosial dari Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) Dini Wahdiyati angkat bicara terkait informasi hoax yang meresahkan itu.

"Agar terhindar dari hoax, ya, harus membiasakan diri tabayyun atau mengkroscek ulang, cek kebenarannya dulu. Sekarang banyak layanan via media online yang update tiap detik. Ini cara yang cukup efektif untuk cek kebenaran berita sebelum menyebarkannya," kata Dini saat dihubungi, Selasa (3/10).

Usai mengkroscek informasi tersebut, Dini melanjutkan, masyarakat bisa mengambil keputusan berbagi berita tersebut. Bukan hanya berita yang menebar kebencian dan konflik. Masyarakat juga bisa menyaring beberapa informasi terkait dunia kesehatan yang juga tidak kalah mengerikan.

"Banyak dari orang-orang yang menderita sakit tertentu mengikuti anjuran pengobatan yang dibagikan secara berantai tersebut. Ternyata bukan kesembuhan yang didapat, malah penyakit makin parah. Bahkan sampai ada pengalaman teman kerabatnya sampai koma dan akhirnya meninggal dunia," katanya.

Untuk itu, Dini berharap agar pemerintah bisa bertindak cepat dalam menangani kasus hoax di kalangan masyarakat.

"Kita juga, sebagai pengguna harus punya mekanisme regulasi diri untuk selalu tabayyun atau kroscek, pemerintah juga harus responsif terkait pesan-pesan hoax tersebut," tandasnya.

Sebelumnya, masyarakat sempat dihebohkan dengan pesan berantai (broadcast message) terkait tawuran antara Forum Betawi Rempuk (FBR) dengan warga Ambon di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, pada Senin (2/10).

Dari pesan berantai tersebut, masyarakat diimbau untuk tidak melewati Jalan Dewi Sartika terlebih dahulu, dikarenakan tawuran yang sudah memakan korban jiwa. (Asp)

Baca berita terkait informasi hoax lainnya di: Polisi: Tawuran Di Dewi Sartika Hoax

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH