Tips Agar Tidak Kecanduan Bermain Game Bermain video game (Foto: Jeshoots/pixabay)

BAGI sebagian orang, bermain game adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Menurut beberapa survei, bermain game sangat membantu banyak orang untuk menghilangkan stress. Namun pernyataan tersebut seringkali disalahgunakan.

Akhirnya, banyak orang yang sangat kecanduan bermain game sehingga memiliki dampak negatif. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kalau kecanduan bermain game berupakan sebuah penyakit dan terjadi di berbagai belahan dunia.

Namun, jangan Khawatir, diambil dari beberapa sumber, berikut cara mencegah kecanduan dalam bermain game.

Baca juga:

The Sims 5 Segera Rilis, Intip Fitur-Fitur Terbarunya!

1. Membuat jadwal dan berkomitmen

Buat agenda harianmu (Foto: pixabay/TeroVesalainen)
Buat agenda harianmu (Foto: pixabay/TeroVesalainen)


Komitmen adalah satu hal penting untuk mengatasi masalah kecanduan bermain game. Jika berbagai cara sudah dicoba, tapi kamu sendiri belum bisa berkomitmen. Dapat dipastikan kamu tidak akan lepas dari kecanduan bermain game.

Buatlah jadwal bermain game dengan teratur dan taatilah dengan baik. Jika kamu melanggar aturan tersebut, berikanlah konsekuensi terhadap diri sendiri. Memulai sesuatu yang baru sangatlah berat, namun jika konsisten akan menjadi suatu kebiasaan positif.

2. Jauhkanlah video games atau ponsel saat malam

Jauhkan handphone di malam hari (Foto: Greater Than We)
Jauhkan handphone di malam hari (Foto: Greater Than We)


Menurut survey yang dilakukan ke banyak gamers, waktu paling nyaman dan enak dalam memainkan game adalah di malam hari. Karena di waktu tersebut pada gamer akan bertemu lawan-lawan yang seimbang (dalam game online).

Baca juga:

Rilis Sebetar Lagi, Berikut Fakta-fakta The Last of Us Part 2

Hal ini membuat jam tidur menjadi terganggu. Sehingga tak jarang lupa waktu sampai di hari berikutnya. Dampaknya tentu pada kesehatan. Nah, cara yang paling bagus adalah menjauhkan gadget atau video game di malam hari. Jika belum mengantuk, kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti membaca buku.

3. Lakukan aktivitas produktif

Tingkatkan Produktivitasmu (Foto: KoinWorks)
Tingkatkan Produktivitasmu (Foto: KoinWorks)


Berbagai jenis aktivitas positif dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan, tapi mengapa kamu lebih memilih untuk kecanduan bermain game yang memberikan dampak negatif bagi kehidupan kamu? mulailah berpikir jangka panjang untuk melakukan suatu hal produktif yang bisa meningkatkan karir kamu kedepannya untuk menjadi lebih baik dari segi jasmani dan finansial. (Nic)

Baca juga:

Bernostalgia dengan 5 Game PS 1 Ini


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH