Tips Agar Anak Tetap Ceria di Bulan Puasa ilustrasi (GettyImages)

Penting bagi Anda sebagai orang tua untuk mengajarkan sang anak belajar berpuasa. Dengan begitu, anak Anda akan terbiasa menjalani aktivitas ibadah yang diwajibkan di dalam agama ini.

Meski demikian, ada kalanya sang anak mengeluh dengan kondisinya yang lapar atau haus. Alhasil, kecerioaan yang ada pada dirinya saat bulan-bulan biasa pun hilang seketika.

Nah, untuk ini, kali ini merahputih.com akan memberikan sedikit tips agar sang buahhati tetap bersemangat dan ceria meskipun menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Apa saja itu?

Pilih menu sahur yang bernutrisi

Menu sahur akan mempengaruhi seberapa lamanya perut sang buah hati menahan rasa lapar. Alhasil pilihlah makanan sahur yang bernutrisi lengkap dengan kandungan seperti karbohidrat, protein, lemak dan serat. Selain itu disarankan untuk memulai sahur menjelang adzan subuh. Selain terdapat dalam sunnah, efek kesehatan dan daya tahan tubuh akan lebih terasa.

Ajak anak untuk beraktivitas seperti biasa

Meskipun sedikit lemas karena kurangnya asupan nutrisi ke tubuh, jangan ajarkan anak anda bermalas-malasan di siang hari. Ajaklah anak untuk bermain yang menyenangkan namun tidak melelahkan. Sebisa mungkin jangan menonton televisi, bermain game atau internet. Pergi ke masjid, atau berkeliling di sekitar tempat tinggal menjadi aktivitas yang cukup menyenangkan.

Pilih menu berbuka yang mengundang selera

Dengan menu yang mengundang selera, sang anak akan merasakan bagaimana nikmatnya berbuka puasa. Ajak anak berbuka dengan menu yang manis terlebih dahulu, karena menu makanan yang manis akan cepat mengembalikan fungsi metabolisme tubuh. Hindari menu makanan yang pedas, bersoda ataupun asam pada saat berbuka ataupun sahur.

Sahabat merahputih, itulah tips yang mungkin bisa ANda lakukan agar anak tetap bersemangat dan ceria menjalani ibadah di bulan Ramadan.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Ingin Berhenti Merokok? Ini Caranya



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH